Arus Balik Lebaran, KAI: Jumlah Penumpang yang Tiba di Daop 1 Jakarta Meningkat Dua Kali Lipat

| 15 Apr 2024 19:15
Arus Balik Lebaran, KAI: Jumlah Penumpang yang Tiba di Daop 1 Jakarta Meningkat Dua Kali Lipat
Pemudik di Stasiun Senen. (Biro Pers Istana)

ERA.id - Kepala Humas KAI Daop 1 Jakarta, Ixfan Hendriwintoko mengatakan, sejak Jumat (12/4), jumlah penumpang yang tiba di area Daop 1 Jakarta mulai mengalami peningkatan. Hingga Senin (15/4), total penumpang yang tiba sebanyak 47.613 orang.

"Jumlah tersebut mengalami peningkatan hingga dua kali lipat dari masa normal," kata Ixfan dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Senin (15/4/2024).

Dari jumlah tersebut, Ixfan menyebut, 18.500 penumpang turun di Stasiun Pasar Senen, 15.000 penumpang turun di Stasiun Gambir, 5.600 penumpang di Stasiun Bekasi, dan 4.650 penumpang di Stasiun Jatinegara. Sementara itu, penumpang lainnya turun di Stasiun Jakarta Kota, Cikarang, Karawang dan Cikampek.

"Mayoritas pengguna jasa yang tiba di area Daop 1 Jakarta berasal dari area Yogyakarta, Surabaya, Semarang, Solo, Purwokerto, Kutoarjo dan Malang," ungkap Ixfan.

Ixfan pun mengimbau kepada seluruh penumpang yang tiba di area Daop 1 Jakarta agar memeriksa kembali barang bawaannya, termasuk pada area kursi penumpang. Sebab, dia mengungkapkan, biasanya cukup banyak barang berharga milik penumpang yang tertinggal, seperti dompet, telepon selular, laptop dan lainnya.

Selain itu, KAI Daop 1 Jakarta juga telah melakukan sejumlah persiapan pada arus balik Lebaran tahun ini. Diantaranya, menambah ketersediaan kursi pada area tunggu penumpang. 

"Sehingga diharapkan bagi penumpang yang baru tiba dan menunggu jemputan tidak berdiri dan meletakan barangnya pada area tertentu yang dapat menggangu arus lalu lalang penumpang lain di stasiun," jelas dia.

Kemudian, sejumlah petugas Costumer Service Mobile (CSM) juga disiapkan untuk melayani informasi dan mengatur alur calon penumpang yang baru tiba. Petugas tambahan untuk pengatur kendaraan juga disiagakan di beberapa titik area parkir stasiun. 

Dari sisi keamanan dan keselamatan, Ixfan mengungkapkan, Daop 1 Jakarta juga bekerjasama dengan TNI dan Polri mengamankan seluruh objek vital pada masa angkutan Lebaran. Dia menyebut, pihaknya juga menjalin kerja sama dengan Basarnas dan 45 provider rumah sakit untuk percepatan penanganan kondisi darurat. 

Rekomendasi