Pj Gubernur Zudan Masih Memprioritaskan Penanganan Inflasi di Sulsel

| 07 Jun 2024 16:41
Pj Gubernur Zudan Masih Memprioritaskan Penanganan Inflasi di Sulsel
Pj Gubernur Sulsel Zudan Arif bersama istrinya, Ninuk Triyanti Zudan. (Dok. Humas Pemprov Sulawesi Selatan)

ERA.id - Penjabat Sekretaris Daerah Provinsi Sulsel, Andi Muhammad Arsjad memprioritaskan penanganan inflasi sesuai instruksi dan arahan Presiden Jokowi.

"Pengendalian inflasi menjadi salah satu program prioritas Bapak Presiden yang diturunkan ke provinsi agar mampu mengendalikan inflasi di tiap daerah," kata Andi Arsjad, saat menghadiri Penguatan Kelembagaan dan Analis Ketahanan Pangan serta Sosialisasi Peraturan Perundang-Undangan di Makassar, Kamis kemarin.

Ia mengungkapkan pengendalian inflasi dimonitor langsung oleh Pj Gubernur Sulsel Zudan Arif Fakhrulloh dan menempatkannya sebagai program prioritas.

"Pengendalian inflasi dimonitor tiap minggu. Kita harus hebat di Gerakan Pangan Murah (GPM), hebat di cadangan pangan, jika inflasinya naik, kinerja kita akan dianggap kurang," ucap Andi Arsjad.

Pemprov Sulsel sebagai lumbung pangan nasional di kawasan Timur Indonesia, kata Andi Arsjad, berkontribusi mendukung ketahanan pangan nasional.

Untuk itu, ia mengimbau kepada seluruh pejabat fungsional agar ini menjadi konsentrasi. "Ketahanan pangan ini berbicara bagaimana stabilitas ketersediaan, keterjangkauan, dan bagaimana pemanfaatan. Jadi, teman-teman fungsional harus menjadi pilarnya," ujarnya.

Sementara itu, Pj Gubernur Sulsel Zudan Arif Fakhrulloh mengajak semua pihak, terutama pemangku kepentingan untuk bersama-sama fokus menurunkan inflasi menjadi 2,1 persen dari 2,6 persen yang tercatat saat ini.

Ia memuji penanganan inflasi di Sulawesi Selatan pada April 2024, tercatat year-on-year (yoy) sebesar 2,6 persen, terendah nomor tujuh seluruh Indonesia.

"Ini yang dilakukan mas Bahtiar Baharuddin (Pj Gubernur Sulsel sebelumnya), pak Sekda dan teman-teman PPID, bersama BI, BPS, dan ini bagus," ucapnya.

Rekomendasi