Momen Pj Gubernur Sulsel Zudan Tersenyum Dipeluk Murid Berkebutuhan Khusus di Makassar

| 20 Jun 2024 13:20
Momen Pj Gubernur Sulsel Zudan Tersenyum Dipeluk Murid Berkebutuhan Khusus di Makassar
Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan, Zudan Arif saat dipeluk murid berkebutuhan khusus di Halaman Rumah Jabatan Gubernur, Rabu, 19 Juni 2024. (Dok. Humas Pemprov Sulawesi Selatan)

ERA.id - Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan, Zudan Arif Fakrulloh, secara resmi membuka Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan, di Halaman Rumah Jabatan Gubernur, Rabu, 19 Juni 2024.

Olimpiade ini diikuti 1.076 siswa berkebutuhan khusus dari Sekolah Luar Biasa (SLB) di 24 kabupaten kota.

"Hari ini kita mengadakan O2SN untuk anak-anak berkebutuhan khusus. Nah ini dilakukan dalam rangka kita memberikan pemenuhan hak yang sama untuk seluruh warga negara, baik di bidang pendidikan, bidang keolahragaan, bidang seni, bidang budaya," ungkap Zudan.

Menurut Zudan, O2SN ini sangat bagus sebagai ajang silaturahmi antara siswa dengan siswa, dan antara guru dengan guru lainnya. Apalagi, siswa berkebutuhan khusus sangat membutuhkan silaturahmi antara sekolah sebagai bentuk sosialisasi membangun keakraban.

"Jadi pada hari ini anak-anak berkebutuhan khusus mengadakan pertandingan olahraga, ini tujuannya selain untuk silaturahmi antara siswa, juga silaturahmi antara guru, juga dalam rangka membangun sportivitas kemudian membangun semangat belajar, dan juga menumbuhkan cinta kasih kepada sesama. Dan semoga anak-anak mendapatkan haknya secara baik," harap Prof Zudan.

Sementara itu, Kepala Bidang Pendidikan Khusus Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan, Sary Dyana Muallim mengatakan, acara ini dihadiri oleh lebih dari 1.076 orang, termasuk siswa yang akan menampilkan kebolehan mereka dalam penampilan drum band yang meriah. Pelaksanaan lomba dipusatkan di SLB Negeri 1 Makassar dan SLB Negeri 2 Makassar.

"Para peserta akan memperlihatkan kemampuan dan bakat mereka yang luar biasa," kata Sary Dyana.

Ia menjelaskan, O2SN ini diselenggarakan secara bertingkat, mulai dari daerah hingga nasional, dengan tujuan utama untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan gerak peserta didik dalam bidang olahraga.

Lebih dari itu, acara ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi, minat, bakat, serta kecintaan terhadap olahraga, sekaligus melahirkan atlet-atlet potensial untuk masa depan Indonesia.

Pertandingan olahraga di antaranya balap kursi roda untuk tunadaksa, lari 100 meter untuk tunagrahita, lompat jauh untuk tuna rungu, lempar turbo untuk tunagrahita, bulutangkis untuk tunarungu, bocce untuk down syndrome, catur untuk tunanetra, dan tenis meja untuk tunarungu.

Acara ini juga akan menjadi ajang persiapan bagi para peserta yang akan mewakili provinsi di tingkat nasional pada 11-17 Agustus 2024 mendatang.

"Mari kita dukung semangat dan prestasi para peserta didik berkebutuhan khusus ini, yang akan membawa nama baik Sulawesi Selatan di kancah nasional," ucapnya.

Usai pembukaan acara, Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan dan seluruh jajaran OPD menyaksikan penyerahan piagam penghargaan kepada para juara parade O2SN. Dimana, Gugus 6 berhasil meraih nilai 85 sekaligus Juara 3, Gugus 4 dengan nilai 90 meraih Juara 2, dan Gugus 1 dengan nilai 95 meraih Juara 1.

Rekomendasi