Sulsel Jadi Tuan Rumah Rakor Kesiapan Pilkada Kalimantan, Sulawesi, dan Maluku

| 27 Jun 2024 09:41
Sulsel Jadi Tuan Rumah Rakor Kesiapan Pilkada Kalimantan, Sulawesi, dan Maluku
Rapat Koordinasi kesiapan Pilkada 2024 wilayah Kalimantan, Maluku dan Sulawesi yang dipusatkan di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (26/06/2024). (Dok. Humas Pemkot Makassar)

ERA.id - Provinsi Sulawesi Selatan menjadi tuan rumah pelaksanaan Rapat Koordinasi (Rakor) Kesiapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak Tahun 2024 Wilayah Kalimantan, Sulawesi, dan Maluku, yang digelar di Makassar, Rabu kemarin.

Kegiatan akbar ini dihadiri langsung Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Hadi Tjahjanto dan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian.

Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan, Zudan Arif Fakrulloh mengapresiasi pemerintah pusat atas pelaksanaan kegiatan tersebut di Makassar, Sulawesi Selatan.

"Atas nama Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan dan masyarakat Sulawesi Selatan menghaturkan terima kasih kepada Bapak Menkopolhulkam dan Bapak Mendagri yang menyelenggarakan acara ini di Provinsi Sulawesi Selatan," kata Zudan.

Zudan sekaligus melaporkan bahwa pihaknya bersama Forkopimda berusaha agar pilkada berlangsung dengan damai dan sukses di 24 kabupaten dan kota, serta di Provinsi Sulawesi Selatan.

"Kami mendorong coklit (pencocokan dan penelitian) secara berkelanjutan," ujarnya.

Pada rakor tersebut, Menko Polhulkam Hadi Tjahjanto sebagai keynote speaker menyampaikan lima arahan, antara lain yakni bersama-sama menjaga stabilitas di bidang politik, hukum dan keamanan yang kondusif dan terkendali.

Kedua, meningkatkan koordinasi antara kementerian dan lembaga guna menyukseskan penyelenggaraan pilkada sesuai regulasi dan ketentuan yang berlaku.

"Selanjutnya ketiga, perlu optimalisasi dalam fasilitasi penyelenggaraan pilkada serentak agar dapat berjalan sesuai dengan jadwal dan tahapan yang telah ditetapkan," ujarnya.

Keempat, seluruh komponen bangsa ikut terlibat aktif dalam menjaga serta mengedepankan persatuan dan kesatuan guna menghindari polarisasi di masyarakat.

Kelima, meningkatkan pendidikan politik untuk memberikan edukasi dan pencerahan kepada masyarakat guna mewujudkan terselenggaranya pesta demokrasi yang aman, damai, kondusif dan berkualitas.

"Saya berharap para peserta rapat dapat memanfaatkan kesempatan ini sebaik-baiknya, saling bertukar informasi terkait berbagai permasalahan yang dihadapi, serta menerapkan solusi penyelesaian. Sehingga rapat koordinasi ini dapat memberikan manfaat bagi seluruh peserta dalam mempersiapkan pilkada serentak tahun 2024," ujarnya.

Sementara itu Mendagri Tito Karnavian hadir pula sebagai narasumber dengan materi "Peran Pemerintah dan Pemerintah Daerah dalam Memfasilitasi Penyelenggaraan Pilkada Serentak 2024 di Wilayah Kalimantan, Sulawesi dan Maluku.

Narasumber lainnya, antara lain Ketua KPU RI Hasyim Ashari menyampaikan materi tentang "Kesiapan dan Dinamika Penyelenggaraan Pilkada Serentak", dan Ketua Bawaslu RI Rahmat Bagja dengan materi "Pemetaan dan Strategi Pengawasan Tahapan Pilkada Serentak".

Kapolri yang diwakili oleh Kabarharkam Polri Komjen Pol. Mohammad Fadil Imran menyampaikan materi "Menjaga Stabilitas Keamanan dan Ketertiban Masyarakat untuk Menyukseskan Pilkada Serentak 2024".

Selanjutnya, Panglima TNI yang diwakili oleh Pangkogabwihan II Marsdya TNI M. Khairi Lubis dengan tema "Kesiapan Bantuan TNI dalam Penyelenggaraan Pilkada Serentak 2024."

Rekomendasi