Pj Gubernur Sulsel Zudan Andalkan FKUB untuk Dinginkan Suasana Pilkada 2024

| 03 Jul 2024 12:10
Pj Gubernur Sulsel Zudan Andalkan FKUB untuk Dinginkan Suasana Pilkada 2024
Pj Gubernur Sulsel Zudan Arif. (Dok. Humas Pemprov Sulawesi Selatan)

ERA.id - Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan, Zudan Arif Fakrulloh mendukung Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) menjadi pendingin dalam Pilkada Serentak 27 November 2024.

“Kami sangat sepakat bagaimana mendinginkan suasana di tahun politik ini, bagaimana mulai dari tahap awal pendaftaran, kampanye selama dua bulan, dan sampai pemilihan,” ujar Zudan dalam keterangannya di Makassar, Rabu (3/7/2024).

Menurut dia, langkah-langkah tersebut merupakan hal yang sangat penting dan harus dilakukan untuk menjaga suasana pesta politik 2024, baik Pemilihan Gubernur (Pilgub) maupun Pilkada 24 kabupaten/kota se-Sulawesi Selatan.

Hal ini, lanjut dia, sangat penting untuk dilakukan, bagaimana mendinginkan suasana saat proses pemilihan kepala daerah ini.

"Dan bagaimana FKUB untuk mengkampanyekan agar para kandidat siap kalah siap menang, serta yang paling penting bagaimana netralitas KPU dan Bawaslu harus betul-betul netral karena mereka adalah wasitnya,” kata Zudan saat menerima rombongan FKUB Sulsel di Makassar.

Sementara Ketua FKUB Sulawesi Selatan Wahuddin Naro mengatakan sangat penting bagi pihaknya mengambil peran dalam mewujudkan Pilkada damai di Sulawesi Selatan.

“Kami juga terus berbicara bagaimana untuk sama-sama menyukseskan pilkada di Provinsi Sulawesi Selatan,” kata Wahuddin.

Bahkan pihaknya akan mengawasi agar tidak terjadi kampanye yang merugikan antara umat beragama di seluruh daerah di Sulawesi Selatan.

“Kami mengawasi sampai proses pendaftaran dan kampanye, agar kami bisa mengawasi bagaimana para kandidat untuk sama-sama menjaga keragaman umat beragama,” tuturnya.

Rekomendasi