Pj Gubernur Zudan: Pemprov Sulsel Fokus Ciptakan ASN Bahagia yang Berdampak ke Masyarakat

| 15 Jul 2024 11:01
Pj Gubernur Zudan: Pemprov Sulsel Fokus Ciptakan ASN Bahagia yang Berdampak ke Masyarakat
Pj Gubernur Sulsel Zudan Arif. (Dok. Humas Pemprov Sulawesi Selatan)

ERA.id - Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan fokus menciptakan aparatur sipil negara (ASN) yang bahagia, sehingga mampu melayani masyarakat dengan maksimal.

Penjabat Gubernur Sulsel, Zudan Arif Fakrulloh, dalam keterangannya di Makassar, Sabtu silam, mengapresiasi Webinar Series #2 ASN Adaptif bertema "Bahagia di Tempat Kerja, Unggul Dalam Pelayanan" yang menghadirkan Guru Besar Psikologi Industri dan Organisasi Fakultas Psikologi Unair, Prof. Seger Handoyo.

Dia menjelaskan, topik webinar merupakan hal yang penting karena tujuan hidup paling tinggi yaitu menciptakan kebahagiaan dengan tujuan paling mendasar untuk menciptakan kebahagiaan.

"Kalau sudah bahagia, bagaimana kualitas pelayanan bisa kita tingkatkan, karena dalam bekerja, esensinya adalah membangun kebahagiaan bersama dan kebahagiaan ini bisa kita tularkan melalui pelayanan kita ke masyarakat," ujarnya.

Di Pemprov Sulsel untuk membangun suasana bahagia, kata dia, setiap hari Senin pada apel pagi dimulai dengan doa bersama, Selasa, Rabu dan Kamis diawali dengan Sulsel berdoa untuk semua agama, hari Jumat untuk membangun suasana bahagia dengan olahraga bersama.

"Mulai dari menebar senyum, saling menyapa dan saling memberikan sapa, bisa diawali dengan saling mendoakan ketika bekerja. Jadi membangun bahagia dilakukan dengan sadar dengan berbagai kegiatan," ucapnya.

Sementara itu Pakar Psikologi Unair, Prof. Seger menyampaikan bahwa seseorang yang ingin bahagia lebih banyak ditentukan oleh dirinya sendiri. Walaupun pada persoalan yang berat, faktor lingkungan turut menentukan.

Dia menjelaskan, bahagia dalam psikologi dikenal dua jenis kebahagiaan, yakni kesejahteraan emosional yang dialami seseorang.

Artinya, ketika hal yang baik terjadi pada momen tertentu dan sebagai bahan evaluasi positif terhadap kehidupan dan pencapaian seseorang secara keseluruhan, yaitu kesejahteraan subjektif.

Rekomendasi