Viral Rumah Tiga Lantai di Bandung Roboh dan Timbulkan Suara Ledakan

| 07 Aug 2024 13:54
Viral Rumah Tiga Lantai di Bandung Roboh dan Timbulkan Suara Ledakan
Proses evakuasi rumah runtuh di Kabupaten Bandung (Istimewa)

ERA.id - Viral video rumah tiga lantai di Jalan Sampora, Kampung Cilisung, RT 01 RW 16, Desa Sukamenak, Kecamatan Margahayu, Kabupaten Bandung, roboh pada Selasa (6/8/2024). Diduga fondasi bangunannya tidak kuat.

Berdasarkan video berdurasi 19 detik, terlihat sejumlah warga yang hendak melintasi jalan di depan rumah itu menghindari rumah yang roboh.

Setelah roboh, terlihat kepulan debu berwarna cokelat, sehingga warga yang berada di sekitar lokasi kejadian berhamburan sembari menutupi hidung.

Kepala Bidang Penyelamatan Dinas Pemadam Kebakaran (Disdamkar) Kabupaten Bandung, Supardi berujar, runtuhnya rumah tiga lantai itu terjadi sekitar pukul 16.00 WIB.

Dia menduga, konstruksi rumah yang berada permukiman padat penduduk itu tidak kuat sehingga mengalami kerobohan. "Penyebabnya, kemungkinan kontruksi rumah yang bermasalah," kata Supardi, Rabu (7/8/2024).

Dia menambahkan, sejumlah rumah yang berada di sekitar lokasi kejadian pun turut berdampak. Meski begitu, Supardi memastikan tidak ada korban jiwa dalam insiden robohnya rumah tiga lantai.

"Tidak ada korban jiwa. Pemilik rumah juga pada saat kejadian sudah di luar rumah, jadi yang punya sudah dievakuasi sebelum kejadian," kata dia menambahkan.

Sementara itu, saksi yang merupakan warga sekitar, Elin (45) mengatakan, pemilik rumah sempat bercerita sebelum kejadian bahwa kontruksi rumah di bagian kaki-kaki tiba-tiba retak. Kemudian, di sejumlah bagian langit-langit rumah mengelupas.

"Jadi kaki-kaki rumahnya dulu, Udah gitu bangunan atasnya ngelupas, terus ambruk aja, hancur. Yang punya keluar, udah keluar," kata Elin.

Dia mengaku kaget saat mendengar rumah tersebut runtuh. Sebab, runtuhnya rumah itu menimbulkan suara seperti ledakan.  "Pas dengarnya kaget sampai jerit-jerit lah, liat bangunannya ambruk. Suara ambruknya kaya ledakan juga," ujarnya.

Rekomendasi