Pj Gubernur Sulsel Zudan Semangati Pembaca Qur'an MTQ, Janjikan Beasiswa Kuliah bagi Juara

| 06 Sep 2024 09:31
Pj Gubernur Sulsel Zudan Semangati Pembaca Qur'an MTQ, Janjikan Beasiswa Kuliah bagi Juara
Pj Gubernur Sulsel Zudan Arif. (Dok. Humas Pemprov Sulawesi Selatan)

ERA.id - Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan, Zudan Arif Fakhrulloh menjanjikan hadiah beasiswa dan uang tunai ratusan juta bagi kafilah Sulsel yang berhasil mengukir prestasi pada pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional ke-30 tahun 2024 di Samarinda, Kalimantan Timur.

"Tadi saya agak terkejut ketika pak Karo Kesra sebut hadiah untuk juara satu dapat Rp250 juta. Kenapa gak ada yang 'happy'. Fokus saja dan tampilkan teknik terbaik, nanti saya tambah bonusnya. Bagi yang juara 1, 2, dan 3 saya beri beasiswa S1, S2 dan S3," ujarnya di Makassar, Kamis kemarin.

Menurut Zudan, dirinya fokus meningkatkan sumber daya manusia, terutama bagi yang terus bergerak melakukan jihad fisabilillah, amar ma'ruf nahi mungkar, dan fastabiqul khairat.

"Fokus dan ikhlas bertanding untuk membesarkan Allah SWT. Kalau kita membesarkan Allah SWT, Allah juga akan membesarkan kita. Tiada yang Maha Agung, tiada yang Maha Besar kecuali Allah SWT," katanya menyemangati kafilah Sulsel.

Zudan yang mengaku akan menghadiri acara pembukaan MTQ di Samarinda, kemudian meminta kepada peserta untuk tidak jemawa dan merasa hebat.

"Buang semua itu. Tiada beban, tampil yang terbaik, fokus pada kemampuan terbaik. Saya percaya dan saya optimistis karena sudah dilatih oleh pelatih-pelatih terbaik," tuturnya.

Selain itu, mantan Pj. Gubernur Sulawesi Barat ini meminta agar hal-hal baik yang dilakukan, seperti pelaksanaan MTQ ini agar diviralkan di media, di tengah hangatnya suasana jelang pilkada.

"Tolong pak asisten berita-berita baik ini diviralkan di media untuk cooling system. Sistem pendinginan suasana. Sekarang suasana agak hangat nih, pilkada semua, yang diberitakan kampanye, netralitas ASN. Tolong beritakan yang baik-baik seperti yang kita lakukan ini," terangnya.

Pelepasan kafilah MTQ Sulsel ini ditandai dengan penyerahan bendera LPTQ Sulsel oleh Pj. Gubernur kepada Kabid Penaiszawa Kanwil Kemenag Sulsel, Mulyadi Iskandar selaku pimpinan kafilah.

Sebanyak 54 peserta dari Sulsel akan mengikuti ajang nasional dua tahunan ini dengan didampingi dua pelatih dan enam pendamping serta 51 ofisial. Kafilah Sulsel akan mengikuti seluruh cabang lomba (delapan cabang) dan 23 golongan lomba.

Prosesi pelepasan kafilah Sulsel turut dihadiri Ketua MUI Sulsel Prof Najamuddin, Plt. Kepala Biro Kesra Sulsel H. Muh. Hasim, Asisten I Bidang Pemerintahan Sulsel Muh. Rasyid, Ketua Baznas Sulsel serta sejumlah Kabag Kesra kabupaten/kota se-Sulsel.

Rekomendasi