Kronologi 2 Pesawat Tujuan Semarang Mendarat di Solo Karena Cuaca Buruk

| 30 Jan 2021 16:03
Kronologi 2 Pesawat Tujuan Semarang Mendarat di Solo Karena Cuaca Buruk
Pesawat Batik Air (Rok. Lion Goup)

ERA.id - Dua pesawat tujuan Bandara Ahmad Yani Semarang, terpaksa mengalihkan pendaratannya di Bandara Adi Soemarmo, Solo, Sabtu (30/1/2021) pagi karena cuaca buruk.

Kedua pesawat tersebut yakni Batik Air dengan nomor penerbangan ID 6362 Jakarta-Semarang dan Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan GA 232 dengan tujuan sama.

Melalui siaran pers-nnya Heneral Manager Bandara Adi Soemarmo, Yani Ajat Hermawan mengatakan saat ini pesawat sudah mendarat di Bandara Adi Soemarmo dengan selamat. Kondisi penumpang dalam keadaan baik.

”Para penumpang masih menunggu di pesawat, mereka menunggu hingga cuaca di Semarang baik. Kondisi pesawat divert landing dengan aman di Bandara Adi Soemarmo,” jelasnya.

Dari data yang diterimanya, Batik Air mendarat di Bandara Adi Soemarmo pukul 08.55 WIB dan Garuda Indonesia pukul 09.21 WIB. Batik Air mengangkut sebanyak 78 orang penumpang dan Garuda Indonesia sebanyak 35 orang.  

Saat ini pihak bandara juga masih memantau kondisi cuaca. Khususnya untuk memonitor pengaruh abu vulkanik dari Gunung Merapi. ”Kami menggunakan paper test atau metode observasi selama dua jam sekali. Hingga saat ini hasilnya negative,” ucapnya.

Sementara itu, Corporate Communications Strategic of Batik Air, Danang Mandala Prihantoro menjelaskan pada saat mendekati Bandar Udara Internasional Jenderal Ahmad Yani, pilot mendapat informasi dari petugas pengatur lalu lintas udara mengenai perubahan kondisi cuaca yang kurang baik (bad weather), yaitu curah hujan tinggi.

"Untuk mengutamakan faktor keselamatan dan keamanan penerbangan dikarenakan jarak pandang pendek yang tidak memenuhi persyaratan keamanan pendaratan, pilot memutuskan melakukan pengalihan pendaratan (divert) di Bandar Udara Internasioal Adi Soemarmo Solo, di Boyolali, Jawa Tengah (SOC). Batik Air penerbangan ID-6362 mendarat pukul 08.45 WIB," kata Danang.

Setelah mendapatkan informasi bahwa jarak pandang di Bandar Udara Internasional Jenderal Ahmad Yani sudah memenuhi kualifikasi lepas landas dan mendarat, maka Batik Air mempersiapkan kembali penerbangan ke Semarang menggunakan nomor ID-6362D.

"Batik Air penerbangan ID-6362D mengudara dari Bandar Udara Internasional Adi Soemarmo pukul  11.05 WIB dan sudah mendarat di Bandar Udara Internasional Jenderal Ahmad Yani pada 11.35 WIB," ucap Danang.

Tags : cuaca ekstrem
Rekomendasi