Dampak Banjir Karawang, Perjalanan KA dari dan Menuju Jakarta Masih Lumpuh

Tim Editor

Dok. PT KAI

ERA.id - PT Kereta Api Indonesia (KAI) belum bisa mengoperasionalkan jalur dari dan menuju ke Jakarta.

Pasalnya hingga saat ini jalur tersebut belum aman untuk dilalui karena terimbas banjir.

Hal ini disampaikan oleh Manajer Humas PT KAI Daop 6 Yogyakarta Supriyanto, Senin (22/2). Dari informasi yang diperoleh Daop 6 Yogyakarta hingga saat ini jalur masih dalam perbaikan.

”Pondasinya tergerus banjir. Jadi belum aman untuk dilalui kereta api,” katanya.

Jalur yang masih dalam perbaikan yakni jalur lintas Kedunggedeh-Lemahabang. Pihaknya berusaha melakukan perbaikan secepatnya hingga jalur bisa dioperasikan kembali.

”Kami berupaya maksimal memperbaiki secepatnya. Petugas sudah diterjunkan untuk melakukan perbaikan,” katanya.

Ada delapan KA yang  menuju dan ke wilayah Daop 6 Yogyakarta yangterimbas dari banjir Jakarta. Diantaranya KA Jayakarta relasi Pasar Senen – Surabaya Gubeng, KA Progo relasi Lempuyangan – Pasar Senen, KA Senja Utama relasi Solo Balapan – Pasar Senen, KA Singasari relasi Blitar – Pasar Senen.

Selain itu juga ada KA Bengawan relasi Purwosari – Pasar Senen, KA Bengawan relasi Purwosari – Pasar Senen, KA Bima relasi Gambir – Surabaya, KA Gajayana relasi Gambir – Malang, serta KA Argo Lawu relasi Gambir – Solo Balapan.

Supriyanto mengatakan penumpang yang sudah membeli tiket bisa melakukan pembatalan. PT KAI memberikan fasilitas pengembalian uang hingga 100 persen akibat pembatalan KA ini.

”Pembatalannya tidak harus sekarang, bisa juga menukarkan uang pengembalian tiketnya hingga 30 hari kedepan,” katanya.

Sementara itu, PT KAI Daop 1 Jakarta menargetkan sore ini jalur tersebut sudah bisa dilalui.

"Melalui percepatan penanganan dengan mengedepankan keselamatan dan keamanan jalur KA antara Lemah Abang - Kedung Gedeh ditargetkan dapat kembali melayani perjalanan KA hari ini utuk perjalanan KA Sore dan Malam hari," kata Kahumas PT KAI Daop 1, Selasa (23/2/2021).

 

 

Tag: jadwal kereta api

Bagikan: