Pesan Pejuang Peristiwa Bandung Lautan Api untuk Generasi Muda

| 24 Mar 2021 18:25
Pesan Pejuang Peristiwa Bandung Lautan Api untuk Generasi Muda
Pejuang (Anda/era.id)

ERA.id - Pemerintah Kota Bandung menggelar upacara peringatan peristiwa Bandung Lautan Api, di Plaza Balai Kota Bandung, Rabu (24/3/2021). Peringatan digelar dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Dalam upacara peringatan Bandung Lautan Api di Balai Kota, para veteran mengungkapkan rasa bersyukur karena hasil dari perjuangan pahlawan merebut kemerdekaan bisa dirasakan sampai sekarang. 

"Dulu untuk merebut kemerdakaan dari penjajah, kami melakukan penyusunan rencana dimana wilayah Bandung harus dihanguskan, saat itu para pejuang menyusun rencana di sore hari tepat pada tanggal 23 Maret 1976, mulai dari Bandung Selatan tepatnya di wilayah Dayeuh Kolot yang merupakan tempat gudang mesiu sampai banjaran, dengan tujuan bisa merebut kembali kemerdekaan," ungkap Djono veteran pembela di usai upacara peringatan Bandung Lautan Api di Balai Kota Bandung, rabu (24/3/2021). 

Bukti dari perjuangan dari Bandung Lautan Api sampai saat ini masih ada di setiap sudut Kota Bandung, namun sangat disayangkan keberadaannya tak terurus bahkan ada yang rusak diakibatkan oleh orang-orang yang tak bertanggung jawab. 

Djono berpesan kepada generasi muda hendaknya menjaga peninggalan sejarah dengan segenap jiwa dan raga, walau cara yang berbeda namun semangat berjuang mempertahankan bangsa harus terus ada. 

"Di masa pandemi seperti sekarang, generasi harus tetap semangat, semangat melawam virus yang tidak ada wujudnya dengan mendukung upaya pemerintah seperti vaksin, mentaati prokes dan rajin belajar walau di rumah saja," ungkap Djono.

Rekomendasi