Kemenhub Resmikan KMP Takabonerate untuk Layani Masyarakat Selayar

| 23 Apr 2021 04:05
Kemenhub Resmikan KMP Takabonerate untuk Layani Masyarakat Selayar
KMP Takabonerate (Dok. Kemenhub

ERA.id - Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan kembali menghadirkan satu unit kapal penyeberangan/ Ro-Ro 500 GT yang akan melayani masyarakat di Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan.

Peresmian kapal Ro-Ro yang diberi nama KMP. Takabonerate ini dilakukan di galangan PT. Industri Kapal Indonesia (Persero), Makassar pada Kamis, (22/4).

Direktur Transportasi Sungai, Danau, dan Penyeberangan Kemenhub Cucu Mulyana mengatakan, pembangunan kapal ini menggunakan anggaran dari APBN dengan pagu anggaran sebesar Rp 36 Milyar.

Menurut dia, KMP Takabonerate hadir dalam rangka mendukung kegiatan sektor perekonomian dan transportasi di Indonesia khususnya di wilayah Sulawesi Selatan.

"Saya atas nama Pimpinan Kementerian Perhubungan menghaturkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada anggota Komisi V DPR RI atas dukungan dan pengawalannya dalam mewujudkan program khususnya pembangunan kapal untuk Kepulauan Selayar ini,” kata Cucu Mulayana dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Kamis (22/4).

Dia menjelaskan, adapun spesifikasi KMP. Takabonerate memiliki Panjang Keseluruhan (LOA) 46,80 meter, Panjang antara garis tegak (LBP) 41,56 meter, Lebar 12 meter, Sarat air 2,60 meter, dan Tinggi 3,70 meter.

"Kapal ini dapat memuat penumpang sebanyak 265 orang, kendaraan truk besar 10 unit, truk sedang 16 unit, roda 4 sejumlah 26 unit, dan ABK 18 orang," ujar dia.

Cucu juga menyampaikan apresiasi atas prestasi, kerja keras, keseriusan, dan komitmen yang telah ditunjukkan oleh PT. Industri Kapal Indonesia (Persero), dan PT. Indoshiptek Manajemen yang telah menyelesaikan pembangunan KMP. Takabonerate.

Rekomendasi