Viral Bu Wati Tuduh Tetangga Babi Ngepet, Ridwan Kamil: Akal Sehat Sering Kalah dengan Irasional

| 30 Apr 2021 14:53
Viral Bu Wati Tuduh Tetangga Babi Ngepet, Ridwan Kamil: Akal Sehat Sering Kalah dengan Irasional
Ridwan Kamil (Dok. Humas Jabar)

ERA.id - Isu babi ngepet di Sawangan, Depok menjadi viral dan menarik perhatian Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Namun, dia merasa prihatin kemunculan babi ngepet masih mudah dipercaya masyarakat.

Apalagi terbukti isu babi jadi-jadian tersebut merupakan sebuah kebohongan yang direkayasa oleh tokoh masyarakat setempat.

"Masih banyak masyarakat yang mudah percaya hoaks. Apalagi pembuat hoaksnya adalah tokoh setempat," tulisnya memberikan pernyataannya soal babi ngepet di akun Instagram-nya, Jumat (30/4/2021).

Untuk menegaskan pernyataannya, dia mengunggah sejumlah foto. Gambar pertama adalah oknum pendakwah yang menyebar hoaks isu babi ngepet. Pria di gambar tersebut telah mengakui babi itu dibelinya secara online.

Selain itu, ada wanita yang mengaku paranormal dan nyinyir menyebut ada tetangga yang menganggur tapi memiliki uang yang banyak. Foto berikutnya adalah babi malang yang dibunuh itu.

Mantan Bupati Bandung itu mengungkapkan alasannya mengapa perlu prihatin dalam urusan babi ngepet ini.

"Karena akal sehat dan rasionalitas sering dikalahkan oleh hal-hal irasional," sindir Kang Emil disapanya.

Sementara hal lain yang membuat khawatir adalah ulah ibu Wati yang akhirnya diusir dari tempatnya tinggal di daerah Kampung Baru, Kecamatan Bojonggede, Kabupaten Bogor itu. Ibu Wati viral karena menuding tetangganya adalah babi ngepet karena menganggur tapi punya uang banyak.

"Tetangga Julid. Sudah mah irasional juga hobi ngomporin menyiram bensin ke api. Menuduh jika tetangga kaya tapi jarang ke luar rumah artinya duitnya tidak halal," ujar Kang Emil.

Padahal menurut Kang Emil, saat ini mencari pekerjaan tak harus keluar rumah. Seperti membuka lapak dagangan dengan memanfaatkan media sosial maupun menjadi seorang konten kreator.

"Jual beli online bisa dari rumah, jadi konsultan konten marketing, grafis, bahkan dulu saya arsitek, di awal-awal pernah kerja di rumah selama dua tahun, mengerjakan kerjaan dari luar negeri," ucapnya.

Berkaca dari kejadian ini, harapannya tentu anak-anak muda tak lagi percaya hal yang irasional maupun mistis.

"Mudah-mudahan anak cucu kita yaitu generasi Z dan generasi Alpha mah jauh dari hal-hal begini. Aamiin," tandasnya.

Rekomendasi