Klaster Bukber di Dekat Rumah Gibran Mulai Berangsur Sembuh, 71 Orang Masih Tunggu Hasil Swab

| 21 May 2021 11:30
Klaster Bukber di Dekat Rumah Gibran Mulai Berangsur Sembuh, 71 Orang Masih Tunggu Hasil Swab
Penutupan lokasi klaster COVID-19 di kelurahan Sumber, Kecamatan Banjarsari, Solo (Amalia Putri/ ERA.id)

ERA.id - Klaster buka bersama dari RT 6 RW 7 Kelurahan Sumber, Kecamatan Banjarsari, Solo mulai berangsur sembuh. Klaster yang tak jauh dari kediaman Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka ini menjadi salah satu klaster yang terbesar karena terhitung ada 41 kasus positif Covid-19.

Ketua Pelaksana Harian (Plh) Satgas Covid-19 Kota Solo Ahyani mengatakan saat ini sudah ada enam orang yang dinyatakan sembuh dan sudah kembali ke rumah. Mereka dipulangkan dari Asrama Haji Donohudan.

"Sudah ada enam orang yang pulang dari Asrama Haji Donohudan. Kalau yang di rumah sakit belum ada yang sembuh,” kata Ahyani.

Sementara saat ini Pemkot Solo masih menunggu hasil dari 71 orang yang menjalani swab. Mereka adalah kloter lanjutan hasil tracing dari kasus awal di RT 6 RW 7 Kelurahan Sumber.

"Untuk yang 71 orang hasilnya belum keluar. Kalau yang sembuh ini kloter yang awal-awal," ucapnya.

Saat ini zona merah dan orange di kota Solo telah berangsur menurun. Hanya ada satu zona merah dan orange yang terpantau melalui covid.intip.surakarta.go.id.

"Klaster Bumi, Pajang dan Danukusuman selesai. Sekarang mayoritas sudah zona hijau," katanya.

Ahyani juga mengantisipasi adanya lonjakan kasus baru. Pasalnya jika diasumsikan tertular di masa lebaran, masa inkubasi terjadi dalam sepekan ini. "Makanya paling tidak kami harus waspada sampai dua pekan pasca lebaran," kata Ahyani.

Rekomendasi