Kabar Baik! Warga Jatim Bisa Isi Ulang Oksigen Gratis di Sidoarjo

| 19 Jul 2021 19:50
Kabar Baik! Warga Jatim Bisa Isi Ulang Oksigen Gratis di Sidoarjo
Stok oksigen medis (Dok. Antara)

ERA.id - Pemerintah Provinsi Jawa Timur memberikan oksigen menggunakan tabung isi ulang secara gratis kepada warga yang sedang menjalankan isolasi mandiri (isoman) COVID-19 di wilayah Sidoarjo dan Mojokerto, dengan tempat pengisiannya di Sidoarjo.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Senin mengatakan, pengisian tabung oksigen tersebut ditempatkan di UPT Pengelolaan Pendapatan Daerah (PPD) di Jalan Pahlawan Sidoarjo.

"Cara untuk mendapatkan oksigen gratis tersebut daftar di infocovid19. jatimprov.go.id," katanya di sela peninjauan pengisian tabung oksigen di Sidoarjo dikutip dari Antara, Senin (19/7/2021).

Ia mengatakan, penyediaan fasilitas isi ulang tabung oksigen sebagai penunjang fasilitas kesehatan bagi warga di Sidoarjo dan Mojokerto yang sedang isoman, dan menunjang fasilitas ambulans yang membutuhkan.

"Kegiatan ini sebagai upaya untuk memberikan kemudahan suplai oksigen ke warga yang isoman. Selain warga juga untuk menunjang operasional ambulans yang membutuhkan," kata Khofifah.

Ia mengatakan, pengisian tabung oksigen isi ulang secara gratis, artinya mereka ke lokasi harus membawa tabung sendiri dan sehari warga diperbolehkan dua kali melakukan pengisian.

"Selain warga, juga menunjang fasilitas ambulans yang di dalamnya ada tabung oksigen," tukasnya.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor atau yang akrab dipanggil Gus Muhdlor menyampaikan bahwa di daerahnya telah siap empat pabrik oksigen.

Ia mengatakan, kuota yang diberikan sekarang ini untuk warga yang melaksanakan isoman saja bukan untuk rumah sakit. Sedangkan untuk Rumah Sakit sudah ada pos-posnya sendiri.

"Dua pabrik yang ada di Taman, kemudian di Candi satu dan satunya di Balongbendo," ucapnya.

Pemerintah Provinsi menyediakan tempat untuk isi ulang tabung oksigen ini agar warga yang isoman di rumah tidak panik seperti memborong oksigen di apotek.

"Pemerintah punya cadangan cukup kuat tinggal kemudian mereka datang ke posko terkait termasuk di Sidoarjo. Selain itu juga ada di Surabaya dan gresik," katanya.

Rekomendasi