Detik-detik Penampakan Benda Asing Mirip UFO Terbang di Langit Bandung, BMKG: Bukan Fenomena Meteorologis

| 29 Jul 2021 20:53
Detik-detik Penampakan Benda Asing Mirip UFO Terbang di Langit Bandung, BMKG: Bukan Fenomena Meteorologis
Tangkapan Layar (Bandung Talk)

ERA.id - Benda asing tak dikenal mirip UFO terbang di langit tepatnya kawasan Pasirkaliki, Kota Bandung, Kamis (29/7/2021). Video detik-detik benda asing terbang di Bandung berdurasi 30 detik diunggah oleh akun Instagram @bandungtalk.

Terlihat diduga benda langit itu berwarna putih dan melayang di langit yang cerah.

Dalam keterangan yang diunggah, dituliskan video itu direkam seorang pekerja sekuriti dari sekitar wilayah Cicendo, Kota Bandung. Puluhan benda langit itu lalu mengarah ke sekitar Cimahi kemudian menjauh dan menghilang perlahan dari pandang.

Lalu apakah benda kerlap kerlip tersebut adalah UFO? Dikonfirmasi melalui pesan singkat, Kepala BMKG Bandung Teguh Rahayu memastikan fenomena itu bukan merupakan fenomena meteorologis. Hal itu didasarkan atas hasil pengamatan yang dilakukan BMKG.

"Dapat disimpulkan bahwa fenomena yang terlihat oleh masyakarat tadi pagi di langit dari wilayah Pasirkaliki Kota Bandung, bukan merupakan fenomena meteorologis," jelasnya dalam keterangan tertulis.

Berdasar pengamatan BMKG, langit di Bandung dalam kondisi cerah dengan kecepatan angin berada di kisaran 6 kilometer perjam. Tidak terpantau pula adanya awan hujan. Dia kemudian mengarahkan untuk bertanya soal fenomena itu ke LAPAN.

"Pada saat tersebut berdasarkan pengamatan BMKG Bandung, langit dalam kondisi cerah berawan (dengan nilai octave 2) dan kecepatan angin 6 kilometer perjam. Terpantau awan Cirrus (tinggi), dan tidak terpantau adanya awan hujan (Cb)," ungkapnya.

Rekomendasi