Lantik Pejabat Baru, Gibran: Birokrasi Nggak Lelet dan Bertele-tele

Tim Editor

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka melantik pejabat baru di Balai Tawang Arum, Balai Kota Solo, Senin (2/8/2021). (Dokumentasi Pemkot Solo)

ERA.id -Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka melantik puluhan pejabat baru di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Solo.

Pelantikan dan pengangkatan ini baru pertama kali dilakukan oleh Gibran pasalnya sesuai dengan aturan dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Gibran baru bisa mengangkat pejabat baru setelah enam bulan menjabat sebagai Wali Kota Solo.

Usai melantik, Gibran menyampaikan bahwa ia telah mengisi jabatan-jabatan strategis. Diantaranya Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), kepala bidang (kabid), sekretaris dinas (sekdin), beberapa lurah dan camat.

”Itu dulu sementara, karena ini yang benar-benar strategis,” kata Gibran Senin (2/8/2021).


Menurutnya posisi-posisi ini tiak boleh kosong. Sebab selama penanganan COVID-19 dan pemulihan ekonomi, jabatan-jabatan tersebut harus diisi. ”Kita sudah ajukan surat ke Kemendagri, situasi seperti ini posisi-posisi tersebut nggak boleh kosong,” katanya.

Ia juga berpesan pada para pejjabat baru agar dalam situasi darurat ini, semua dikerjakan dengan cepat. Birokrasi harus direspon dengan cepat. Selain itu dirinya juga meminta para pejabat bisa aktif di sosial media dan dilapangan.

”Semua butuh kecepatan, birokrasi nggak boleh lelet dan bertele-tele,” katanya.

Selain melantik pejabat baru, Gibran juga berencana merekrut Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Namun hal ini dilakukan sambil jalan. ”Sambil jalan, (ambil) yang terbaik pokoknya,” ucapnya.

Hari ini Gibran melantik sebanyak 36 pejabat baik di lingkungan Balai Kota Solo. Pelantikan ini bisa dilakukannya setelah enam bulan menjabat sebagai Wali Kota sesuai dengan ketentuan dari Kemendagri.


Tag: gibran rakabuming raka Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka

Bagikan: