Sabana Terbakar di Taman Nasional Komodo, Kepala Balai: Tak Ada Komodo di Area Tersebut

| 08 Aug 2021 06:47
Sabana Terbakar di Taman Nasional Komodo, Kepala Balai: Tak Ada Komodo di Area Tersebut
Personil gabungan dari TNI dan Polri sedang bersiap menuju ke lokasi kebakaran di Laju Pemali, Taman Nasional Komodo, Sabtu (7/8/2021) (Foto: ANTARA/Fransiska Mariana Nuka)

ERA.id - Kebakaran sabana terjadi di Laju Pemali, kawasan Taman Nasional Komodo (TNK), Manggarai Barat, Sabtu, (7/8/2021).

"Kebakaran sabana terjadi di sebelah barat Pulau Komodo, sekitar Laju Pemali, sebelah selatan Loh Wenci,” kata Kepala Balai TNK Lukita Awang saat dihubungi di Labuan Bajo, Sabtu, melansir ANTARA.

Berdasarkan informasi, kebakaran terjadi sekitar pukul 15.00 Wita. Awang mengatakan belum mengetahui penyebab dan luasan kebakaran yang terjadi.

Pihak dari Balai Taman Nasional Komodo pun masih berusaha memadamkan api di lokasi kejadian.

Awang memastikan tidak ada komodo yang berada di sekitar Laju Pemali. Komodo hanya berada di Loh Liang dan Loh Wenci saja. "Tidak ada (komodo di sana), hanya Loh Wenci saja," tambahnya.

Saat ini, sebanyak 20 petugas tim Balai Taman Nasional Komodo telah berupaya memadamkan api. Sedangkan tim gabungan dari TNI dan Polri sementara dalam perjalanan ke lokasi kejadian.

Nama Taman Nasional Komodo kerap diperbincangkan akhir-akhir terkait situasi pengembangannya menjadi wisata terpadu untuk Labuan Bajo. Tentangan terakhir muncul dari World Heritage Committee UNESCO, yang menganggap pembangunan Pulau Komodo menjadi wisata 'super premium' tak sesuai ketentuan sebagai situs warisan dunia.

Melansir ERA.id, pembangunan Pulau Komodo ditargetkan segera rampung untuk bisa menyambut delegasi pertemuan G-20 pada 2023 nanti.

Rekomendasi