PAN Masuk Koalisi Jokowi, PSI Beri Peringatan: Jangan Main 2 Kaki

| 26 Aug 2021 15:57
PAN Masuk Koalisi Jokowi, PSI Beri Peringatan: Jangan Main 2 Kaki
Dok. Raja Juli Antoni

ERA.id - Partai Amanat Nasional (PAN) resmi masuk ke dalam parpol koalisi pendukung pemerintah.

Sekretaris Dewan Pembina PSI Raja Juli Antoni mengingatkan PAN tak bermain dua kaki seperti di periode pertama kepemimpinan Presiden Joko Widodo.

"Mengingat ada preseden masa lalu di mana PAN ini seperti main dua kaki, salah seorang pengurusnya menjadi menteri di kabinet Pak Jokowi, akan tetapi dalam politiknya personal-personalnya selalu nembakin Pak Jokowi," ujar Antoni dalam keterangannya, Kamis (26/8/2021).

Antoni berharap, PAN dibawah kepemimpinan Zulkifli Hasan saat ini dapat lebih konsisten mendukung pemerintahan Jokowi.

"Jadilah peserta koalisi yang konsekuen memberikan dukungan politik pada Pak Jokowi berhenti bermain dua kaki seperti yang pernah ditunjukkan PAN pada periode sebelumnya," kata Antoni.

Meski begitu, Antoni menyambut baik kahdiran PAN sebagai sahabat baru di koalisi pemerintahan Jokowi. Dukungan PAN dinilai membawa energi baru.

"Indonesia terlalu besar dan masalahnya sangat kompleks. Oleh karena itu tentu butuh kebersamaan dan bergabungnya PAN akan menjadi energi baru untuk kita sama-sama solid, berjalan beriringan meningkatkan solidaritas terutama membantu pemerintah dalam mengatasi Covid-19 yang memang membuat banyak masalah ke rakyat Indonesia," katanya.

Untuk diketahui, pada periode pertama pemerintahan Jokowi, PAN menempatkan seorang kadernya, yakni Asman Abnur, menjadi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. Di sisi lain, Ketua Dewan Kehormatan PAN ketika itu, Amien Rais, kerap mengkritik kebijakan pemerintah.

Pada Pilpres 2019 lalu, PAN bergabung dengan Gerindra dan PKS mendukung pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno yang menjadi lawan Jokowi-Ma'ruf Amin.

Namun, kemarin Rabu (26/6), PAN diundang Jokowi ikut dalam pertemuan partai politik koalisi pemerintah. Sekjend Partai NasDem Johnny G Plate mengungkapkan kehadiran PAN adalah sebagai sahabat baru di koalisi pemerintahan.

Sementara Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga Mauladi mengaku, partainya memang sejak awal telah mendukung pemerintahan Presiden Jokowi sejak kepemimpinan Zulkifli Hasan.

"PAN sejak kepemimpinan Ketum Bang Zul telah menegaskan sebagai partai politik pendukung pemerintah, ikut sebagai partai koalisi," ujar Viva kepada ERA.id, Rabu (26/8/2021).

Rekomendasi