Truk Kontainer Tewaskan Pengendara Motor, Aturan Lalin Disorot, Kadishub Makassar: Maaf...

Tim Editor

Truk kontainer di Makassar

ERA.id - Sebuah kecelakaan maut terjadi di Makassar, Selasa (31/8/2021). Insiden memilukan itu melibatkan seorang pengendara motor dan seorang sopir truk kontainer.

Informasinya viral di Twitter dan disebar oleh akun @agakarebaa. Tak cuma mengabarkan berita duka, akun tersebut juga mempertanyakan jam operasional truk pengangkut timbunan di Makassar.

Di sana tertulis, pada pukul 10:38 WITA yang lalu, terjadi kecelakaan lalu lintas antara pengemudi truk kontainer dengan pengendara sepeda motor di perempatan Jalan Veteran Selatan, berbatasan dengan Jalan Landak.


Akibatnya, pengendara sepeda motor itu tewas, diduga karena bersenggolan. Alhasil, kejadian ini sontak mengundang simpati para netizen di akun Twitter @agakarebaa.

Banyak yang beranggapan, truk kontainer tersebut melanggar jam operasional saat memasuki wilayah Kota Makassar. Namun tudingan itu belum tentu benar, sebab belum diketahui kontainer tersebut membawa material, membawa berapa tonase, bagaimana ukurannya, serta jumlah rodanya.

Menanggapinya, Kepala Dinas Perhubungan Makassar, Iman Hud meminta maaf dan berduka. Lebih dari itu, Iman menjelaskan kalau truk besar yang bermuatan berat seperti kontainer, biasanya memuat bahan-bahan yang tergolong penting atau sangat penting.

Jika sudah begitu, maka truk dibolehkan masuk ke wilayah perkotaan. Itupun jam operasionalnya diatur sedemikian rupa.

Adapun yang dilarang masuk ke tengah kota saat di jam-jam sibuk adalah truk timbunan dan truk 6 sampai 10 roda. Mereka baru boleh beroperasi ke tengah kota saat malam hari.

Intinya, Iman bilang, kalau memang itu kesalahan bawahannya, ia meminta maaf yang sebesar-besarnya dan berjanji akan memperbaiki sistem yang ada di dalam internal Dinas Perhubungan Kota Makassar.

"Kalau staf atau anak buah saya salah, ya saya ucapkan permohonan maaf saya dan akan menindaklanjutinya. Saya akan perbaiki seluruh kesalahan yang ada di lingkup Dishub Kota Makassar," pungkas Iman.

Diketahui sektor esensial artinya adalah perlu sekali, mendasar, dan hakiki. Seperti membawa sembako, bahan bangunan, dan bahan bakar. Material itu sifatnya penting atau dibutuhkan.

Sebelumnya, di akun @agakarebaa, sejumlah netizen mengomentari kejadian kecelakaan. Seperti pemilik akun @achoyreedho yang menulis kalau lokasi kejadian adalah jalur rawan kecelakaan dan sering terjadi pelanggaran.

"Perempatan yg paling sering dilanggar pengemudi dari arah Landak Lama menuju Andi Djemma. Membahayakan pengemudi lain. Seakan barier di situ cuman jadi hiasan. Semoga bisa ditindaklanjuti @DP_dannypomanto," tutur Rhido Ahmed dalam twitnya.

Sedangkan, pemilik akun @daengjoemahir mengatakan jika truk yang bertabrakan dengan sepeda motor, diduga telah melanggar jam operasional truk pada siang hari.

"Bukannya truk dilarang melintas di tengah kota pada siang hari," tulis Jumahir dalam kolom komentar @agakarebaa.

Tag: kecelakaan makassar kecelakaan lalu lintas dishub truk kontainer dishub makassar

Bagikan: