Alat Kontrol Lampu Lalu Lintas di Medan Rusak dan Hilang, Diduga Digondol Maling

| 02 Sep 2021 18:15
Alat Kontrol Lampu Lalu Lintas di Medan Rusak dan Hilang, Diduga Digondol Maling
Salah satu alat kontrol traffic light di perempatan Jalan Zainul Arifin di curi maling (Instagram @inimedanbung)

ERA.id - Alat kontrol traffic light atau lampu lalu lintas di perempatan Jalan KH Zainul Arifin dan Jalan Pangeran Diponegoro Medan hilang diduga dicuri. Alat yang digunakan untuk mengatur waktu pergantian warna lampu setiap persimpangan itu tercerabut dari tempatnya.

Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kota Medan, Iswar Lubis  membenarkan informasi hilangnya alat kontrol lampu lalu lintas tersebut.

"Iya benar ada masuk laporan ke kita. Hal seperti ini sebenarnya sering terjadi, meski sudah kita lakukan upaya dengan memasang rangka besi tapi masih juga terjadi (hilang)," kata Iswar Lubis saat dikonfirmasi, Kamis (2/9/2021).

Menurutnya kehilangan alat tersebut selain mengganggu kelancaran lalu lintas bagi pengguna jalan juga memberikan dampak kerugian kepada Pemko Medan.

Meski kata Iswar pihaknya masih memiliki alat untuk mengganti alat yang hilang, akan tetapi untuk menggantinya memerlukan waktu.

"Kita lihat dulu apa yang dicuri, apakah kabelnya atau alatnya. Iya kita memang punya alat tapi kan memerlukan waktu untuk memperbaikinya. Kan jadi terganggu pengguna jalan," ungkapnya.

Dikatakan Iswar terkait kehilangan alat lalu lintas di Jalan persimpangan Jalan Zainul Arifin, saat ini masih didalami apa saja yang hilang. Iswar mengimbau kepada masyarakat untuk sama-sama menjaga fasilitas umum untuk kepentingan bersama. Terkait kehilangan tersebut, lanjut Iswar pihaknya akan melaporkan ke pihak kepolisian.

"Kita minta kepada masyarakat siapa pun yang melihat ada fasilitas umum dirusak atau dicuri, segera laporkan ke kami atau kalau bisa dicegah. Kan itu pakai uang kita, untuk kepentingan kita. Tentu ini akan kita laporkan ke polisi," bebernya.

Informasi adanya alat kontrol lampu lalu lintas hilang diduga dicuri orang diunggah oleh akun media sosial @inimedanbung. Dalam postingannya terlihat kondisi alat kontrol tersebut hilang tinggal rangka besi dan kondisi kabel putus.

Diduga alat pengontrol perpindahan lampu merah, kuning dan hijau itu tinggal kabel, meski telah dipasangi pagar rangka besi.

"Darurat kali Medan ini bah. Alat control traffic light bisa Dimaling dengan enteng bah," keterangan pada postingan tersebut.

"Info dari orang dalam Dishub, Hebat bah malingnya. Da keras kali mereka itu," lanjut caption pada dua foto itu.

Rekomendasi