Dinilai Efektif, Kebijakan Ganjil Genap di Bandung Berlaku Sampai Akhir Pekan

| 06 Sep 2021 16:45
Dinilai Efektif, Kebijakan Ganjil Genap di Bandung Berlaku Sampai Akhir Pekan
Ilustrasi pengendara (ERA.id)

ERA.id - Sistem lalu lintas Ganjil Genap yang diterapkan di Kota Bandung masih terus berlanjut. Pasalnya kebijakan ini dinilai efektif untuk menekan volume kendaraan baik yang berasal dari dalam maupun luar Kota Bandung.

Kata Kasat Lantas Polrestabes Bandung AKBP M Rano Hadianto, kebijakan ini akan dilakukan sampai akhir pekan ini. Ia menyebutkan selama tiga hari, ada empat ribuan kendaraan berhasil diputarbalikkan saat masuk ke Bandung melalui tol.

"Diteruskan (akhir pekan depan), dari hasil pemberlakuan ini, adanya penurunan jumlah volume kendaraaan sebesar 30 persen," ucapnya.

Hal serupa dikatakan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung. Kepala Bidang Pengendalian dan Ketertiban Transportasi Dishub Bandung Asep Kuswara menyebut kendaraan dari luar kota dapat ditekan.

"Cuma algomerasi tidak efektif dari Kabupaten Bandung, Bandung Barat masih ada yang berkeliaran di Kota Bandung apalagi di Dago dan Lembang," jelasnya.

Asep mengatakan, kebijakan Gage ini sangat membutuhkan koordinasi dengan Dinas Perhubungan dari masing-masing daerah perbatasan Kota Bandung, karena masih ada juga kendaraan yang mendapatkan kelonggaran karena berasal dari daerah tersebut.

Rekomendasi