BNPT Waspadai Serangan Teroris KKB Papua Saat PON

Tim Editor

PON XX Papua

ERA.id - Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) telah berkordinasi dengan jaringan intelijen untuk mewaspadai serangan terorisme dalam pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua yang berlangsung pada 2-15 Oktober 2021.

Kepala BNPT Boy Rafli Amar mengatakan, kewaspadaan terhadap serangan terorisme saat PON XX Papua diperlukan.

"Kita telah memberikan masukan untuk senantiasa meningkatkan kewaspadaan. Karena serangan terorisme dalam PON itu adalah sebuah keniscahyaan. Kita tentu tidak ingin dipermalukan dengan aksi-aksi itu," ujar Kepala BNPT Boy Rafli Amar dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi III DPR RI, Rabu (15/9/2021).


Boy menjelaskan, terdapat beberapa kondisi yang menyebabkan besarnya potensi terorisme di Papua saat pelaksanaan PON XX. Pertama, Papua dinilai memiliki kaitan dengan kelompok ISIS, apalagi pada akhir Mei 2021 sebanyak 11 warga masyarakat di Merauke pernah ditangkap atas dugaan terorisme.

Kedua, adanya aksi-aksi kekerasan dari Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua yang kian marak sejak awal 2020. Keberadaan KKB juga terpantau semakin menyebar hingga ke kawasan pemukiman penduduk.

"Pernah ada tindakan penembakan terhadap warga negara asing. Ini tentu menjadi sebuah catatan yang harus diperhatikan dan kami BNPT memberikan masukan kepada petugas di bidang keamanan," kata Boy.

Lebih lanjut, Boy mengatakan, terkait keamanan dalam pelaksanaan PON XX Papua, pihaknya masih terus mematangkan rencananya. Menurutnya, pada Jumat (17/9) akan ada rapat dengan Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD.

"Untuk keamanan (di PON XX Papua), besok pun masih dibahas kembali dgn bapak Menko Polhukam rencananya pada hari Jumat siang," kata Boy.

Untuk diketahui, PON XX Papua akan digelar selama satu pekan mulai 2 Oktober hingga 15 Oktober 2021. Total ada 44 cabang olahraga yang akan dipertandingkan pada PON XX Papua 2021 mendatang

Kota Jayapura akan menjadi tuan rumah 15 cabang olahraga. Kabupaten Jayapura akan menggelar 14 cabang olahraga. Kabupaten Mimika melaksanakan 9 cabang olahraga, dan Kabupten Merauke menghelat 6 cabang olahraga.

Tag: kkb papua PON papua

Bagikan: