Penampakan Banjir di Kampar Riau, 160 Rumah Warga Terendam

| 27 Sep 2021 10:28
Penampakan Banjir di Kampar Riau, 160 Rumah Warga Terendam
Banjir Kampar (Dok. BNPB)

ERA.id - Hujan dengan intensitas tinggi menyebabkan banjir di wilayah Kabupaten Kampar, Provinsi Riau, Sabtu (25/9), pukul 02.00 WIB dini hari. Sebanyak 160 rumah warga terdampak banjir tersebut.

Banjir dengan tinggi muka air antara 50 hingga 90 cm menggenangi Desa Suka Ramai, Kecamatan Tapung.

Berdasarkan informasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Riau, akibat intensitas hujan lebat dan aktivitas perusahaan di sekitar kawasan terdampak menyebabkan kurangnya resapan air.

"Debit air hujan juga mengakibatkan anak Sungai Suram meluap," jelas Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari, Senin (27/9/2021).

BPBD provinsi telah melakukan kaji cepat serta berkoordinasi dengan instansi terkait dalam upaya evakuasi dan penanganan banjir.

"Kondisi mutakhir saat ini, sekitar 64 rumah warga masih terendam banjir dan sisanya masih berada di wilayah yang sudah surut," sambung Muhari.

Berdasarkan prakiraan cuaca tiga harian yang dikeluarkan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mulai 26 sampai 28 September 2021, wilayah Provinsi Riau sebagian besar didominasi dengan cuaca berkabut, cerah berawan, berawan dan hujan ringan.

Masyarakat di Kabupaten Kampar juga diimbau untuk waspada dengan adanya peringatan dini hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang pada 26 dan 28 September 2021.

Tags : banjir
Rekomendasi