Tiga Kabupaten Penyumbang Kasus Rabies Tertinggi di Sumut, Pemkot Medan Gelar Vaksinasi Gratis

Tim Editor

Dokter menyuntikan hewan dalam kegiatan vaksinasi rabies gratis di Balai Veteriner Medan (Muchlis Ariandi/Era.id)

ERA.id - Balai Veteriner Medan menggelar vaksinasi anti rabies secara gratis di Kota Medan, Sumatera Utara (Sumut). Kegiatan ini dilakukan dalam rangka memperingati Hari Anti Rabies Sedunia atau World Rabies Day (WRD).

Penyuntikan vaksin dipusatkan di areal parkiran Balai Veteriner Medan Jalan Gatot Subroto Medan, Senin (27/9/2021). Kegiatan ini digelar bersama dengan Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan dan organisasi profesi.

"Kegiatan ini kita gelar secara drive thrue, karena masih pandemik yang belum memungkinkan kita berkumpul. Kegiatan ini untuk menyemarakkan hari rabies sedunia atau WRD yang diperingati setiap tanggal 28 September," kata Kepala Balai Veteriner Medan, Azfirman.


Tahun ini kata Azfirman, kegiatan vaksinasi gratis digelar selama dua hari dengan bekerjasama dengan Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) dan pemilik klinik yang ada di Kota Medan.

"Ini sebagai upaya kita memberikan pelayanan kepada masyarakat dalam mengantisipasi dan mencegah penularan rabies di Sumatera Utara," ungkapnya.

Dijelaskan dia dalam kegiatan vaksinasi yang digelar selama dua hari ini, pihaknya menyediakan 200 dosis untuk disuntikkan kepada hewan masyarakat.

"Selanjutnya nanti akan dilakukan di masing-masing klinik," kata dia.

Menurut Azfirman, Sumatera Utara masih masuk dalam lima besar provinsi dengan kematian tertinggi akibat rabies  di Indonesia.

Rata-rata hewan yang mentransmisikan rabies didominasi oleh anjing dan kucing.

"Untuk kasus tertinggi rabies di Indonesia itu ada Provinsi  Sumatera Barat, Sulawesi Utara (Manado), Provinsi Riau, Kalimantan Barat dan Sumut. Sedangkan untuk di Sumut angka terkonfirmasi rabies ada di 23 kabupaten/kota," pungkasnya.



Tag: medan rabies

Bagikan: