Saat Menteri Teten Dicurhati Gibran soal UMKM: Ini Berat Sekali

Tim Editor

Menkop dan UMKM Teten Masduki berkunjung ke Solo dan didampingi Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka (Dok. Humas Pemkot Solo)

ERA.id - Menteri Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (Menkop dan UMKM) Teten Masduki melakukan kunjungan kerja di gerai Uniqlo Solo Paragon Mall, Selasa (28/9/2021).

Dalam kunjugannya ini Teten bercerita bahwa Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengeluhkan kondisi UMKM yang sulit bertahan di masa pandemi COVID-19.

”Saya dapat bisikan dari Mas Wali, ini berat sekali. Apalagi di tengah pandemi, tapi saya kira seluruh dunia sama,” kata Teten dalam sambutannya di acara Penandatanganan MoU antara Kemenkop UMKM dengan Uniqlo.

Namun, ia meminta semua pihak agar bisa menyalakan optimisme dan harapan. Khususnya untuk membenahi ekosistem usaha untuk pengembangan UMKM.

Apalagi saat ini pemerintah sudah berupaya dengan mendorong kemudahan akses perizinan dan pengembangan usaha.


”Paling penting bagi UMKM ini sebenarnya market demand, karena pembiayaannya akan lebih mudah kalau sudah punya market,” katanya.

Apalagi saat ini pemerintah sudah banyak memberikan dukungan bagi UMKM. Salah satunya diatur dalam UU Cipta Kerja yang mewajibkan pemerintah menyerap produk-produk dari UMKM sedikitnya 40 persen.

”Tahun ini produk yang diserap pemerintah dari UMKM mencapai Rp445 triliun,” katanya.

Tak hanya itu, pemerintah juga mendukung melalui pasar BUMN yang mendukung agar UMKM menjadi rantai pasoknya. Untuk itu pemerintah berusaha agar iklim usaha dijaga antara yang besar dengan yang kecil.

”Bukannya bersaing, tapi harus maju bersama-sama,” katanya.

Sementara itu Pemkot Solo juga terus berupaya untuk tetap menjaga iklim usaha bagi UMKM. Apalagi saat ini fokus dari Pemkot Solo yakni percepatan ekonomi.

”Ya kita berupaya untuk melakukan percepatan ekonomi,” kata Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka.

Tag: gibran rakabuming raka teten masduki Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka

Bagikan: