Sedih, Meski Rumahnya Hanyut Disapu Banjir, Rustan Masih Merasa Beruntung: Kami Selamat

| 05 Oct 2021 18:43
Sedih, Meski Rumahnya Hanyut Disapu Banjir, Rustan Masih Merasa Beruntung: Kami Selamat
Ilustrasi banjir yang terjadi di Makassar (Antara)

ERA.id - Satu rumah warga di Kelurahan Lamungan Batu, Kecamatan Malunda, Kabupaten Majene, Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) terseret arus banjir setelah hujan deras melanda wilayah itu.

Banjir juga merendam ratusan rumah warga di dua kelurahan, yakni Malunda dan Lamungan Batu, Kecamatan Malunda, Kabupaten Majene, Selasa.

Rustan, salah seorang warga yang rumahnya hanyut, mengatakan seluruh rumahnya beserta barang berharga di dalamnya hanyut dibawa arus sungai yang meluap akibat banjir.

"Beruntung kami sekeluarga selamat dari banjir, meskipun rumah dan seluruh barang di dalamnya hanyut dibawa arus sungai yang meluap," katanya.

Ikal, warga lainnya, mengatakan selain merendam pemukiman warga, banjir juga merendam lahan pertanian penduduk serta fasilitas umum, seperti sekolah, pasar, serta sarana perkantoran pemerintah.

Ia berharap, pemerintah menyalurkan bantuan untuk warga yang rumahnya terseret banjir dan saat ini mengungsi ke rumah kerabatnya.

Banjir juga telah membuat jalan trans Sulawesi menghubungkan Kota Mamuju dan Kabupaten Majene di Kecamatan Malunda, tidak dapat dilalui kendaraan yang melintas.

"Banjir membuat jalan trans Sulawesi ambles dan tidak lagi bisa dilalui kendaraan, sehingga kendaraan macet total dan tidak bisa melintas, di jalur trans Sulawesi itu," kata Yuti, salah seorang warga.

Kepala Bidang Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Majene, Sirajuddin, mengatakan pemerintah sementara ini melakukan perbaikan jalan trans Sulawesi yang rusak tersebut agar dapat kembali dilalui masyarakat untuk melakukan aktivitas ekonomi.

Rekomendasi