Viral Pesawat Wings Air Mendarat Darurat Usai 20 Menit Terbang, Diduga Akibat Ulah Penumpang Buka Pintu Darurat

Tim Editor

Wings Air (dok. Lion)

ERA.id - Pesawat Wings Air (Lion Air Group) terpaksa kembali mendarat di Bandara Lombok usai 20 menit mengudara, Selasa (12/10) kemarin.

Insiden itu diketahui dalam sebuah unggahan di facebook dari akun Dewi Ratna Muchlisa dan viral di media sosial.

Dalam unggahannya, Dewi Ratna menceritakan dia dan puluhan penumpang lainnya berhasil selamat dalam penerbangan tujuan Bima, NTB itu.


Diduga, insiden tersebut disebabkan ulah salah seorang penumpang yang duduk di dekat pintu darurat sengaja dibuka oleh penumpang tersebut.

"Entah siapa yang usil membuka pintu darurat itu, apakah penumpang sebelumnya ataukah penumpang yang salah tempat duduk yg sebelumnya menempati kursi ibu tadi atau kah terbuka sendiri, walahualam," ujarnya yang ia tulis dalam unggahannya di media sosial tersebut.

Atas kejadian tersebut, para penumpang yang seharusnya sudah berangkat dan tiba di Bima sesuai jadwal, terpaksa harus bermalam lagi di Lombok.

"Akhirnya kami pun bermalam di lombok. Semoga kita semua dilindungi oleh Allah amin," ungkapnya.

Sementara itu, Humas Bandara Lombok, Arif Haryanto membenarkan bahwa pesawat Wings Air melakukan RTB (return to base) pada hari itu.

Dikatakan Arif, pesawat yang membawa 62 penumpang tersebut lepas landas dari Bandara Lombok pada pukul 16.06 WITA. Namun, setelah terbang selama 20 menit, pesawat tersebut terpaksa kembali mendarat di Bandara Lombok pukul 16.26 WITA.

"Artinya, kalau lihat ATD (actual time of departure) dan ATA (actual time arrival) setelah terbang sekitar 20 menit, pilot memutuskan untuk mendarat kembali ke bandara asal (RTB) karena alasan air pressure trouble," jelas Arif, dalam keterangan tertulis.

Penerbangan tersebut kemudian ditunda dan calon penumpang akan diberangkatkan kembali pada Rabu (13/10) pukul 11.00 WITA.



Tag: wings air mendarat darurat

Bagikan: