Musim Hujan Tiba, Pemkot Tangerang Baru Akan Apel Siaga Banjir pada November

| 18 Oct 2021 17:54
Musim Hujan Tiba, Pemkot Tangerang Baru Akan Apel Siaga Banjir pada November
Banjir yang terjadi di wilayah Kecamatan Periuk pada awal 2021 lalu. (M. Iqbal/ ERA.id)

ERA.id - Memasuki musim penghujan, Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang mulai melakukan berbagai strategi untuk mengatasi banjir. Mulai dari koordinasi siaga banjir hingga pembangunan sarana penanggulangan banjir seperti drainase dan turab.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tangerang, Deni Koswara mengatakan akan mulai melakukan apel siaga banjir pada awal November mendatang. Lantaran prediksi musim hujan berlangsung antara November dan Desember.

Pantauan Era.id saat ini Kota Tangerang diguyur hujan. Sedari pagi hingga saat ini hujan pun belum reda.

"Kita lagi mempersiapkan untuk menyatukan visi misi kita dengan teman-teman relawan, dengan dinas lain juga," ujarnya kepada Senin, (18/10/2021).

Kata dia, BPBD Kota Tangerang terus melakukan koordinasi terkait kondisi cuaca. Itu disampaikan setiap hari ke semua instansi dari tingkat RT, RW, Kelurahan, Kecamatan hingga dinas terkait.

"Supaya masing masing opd bisa mengetahui kondisi kondisi perhariannya gitu," kata Deni.

Mitigasi apabila terjadi banjir, jajarannya telah bersiap dengan sejumlah fasilitas. Seperti tenda dan perahu untuk evakuasi korban banjir.

"Kemudian untuk evakuasi kita sudah persiapkan, perahu-perahu yang ada di kita juga sudah diperbaiki semua," jelasnya.

Sementara untuk pembangunan sarana penanggulangan banjir pihaknya telah berkoordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Tangerang.

"PUPR sudah mulai pembenahan, dari awal tahun. Sudah mulai membenahi irigasi kemudian pompa-pompa air, himbauan kepada masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan gitu aja," jelas Deni.

Rekomendasi