Cek PTM di Medan, Nadiem Kagum Ada Masjid, Gereja, Vihara, dan Pura dalam 1 Sekolah

Tim Editor

Mendikbud Nadiem Makarim saat meninjau PTMT di Kota Medan (Dok Pemko Medan)

ERA.id - Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbud Ristek) Nadiem Anwar Makarim meminta seluruh sekolah di Kota Medan sudah menerapkan sistem enam profil Pelajar Pancasila, saat meninjau pelaksanaan PTMT di Kota Medan, Selasa (26/10/2021).

"Sesungguhnya kita kita ini hanya ingin seluruh sekolah mencapai enam profil Pelajar Pancasila, di mana hal itu sepele namun sangat sulit diterapkan," kata Nadiem didampingi Walikota Bobby dan Anggota DPR RI Komisi X, Sofyan Tan.

Adapun enam profil pelajar pancasila itu, satu ketuhanan yang maha esa, berakhlak mulia, kebhinekaan global, kreatifitas, kemampuan gotong royong, kemandirian dan pelajar bernalar kritis.


Untuk mencapai enam profil Pelajar Pancasila, Nadiem menyatakan ada tiga sikap sekolah yang harus diterapkan.

Tiga sikap itu diantaranya sekolah harus bisa menjadi tempat yang menyenangkan, kedua aman dan mengajarkan sikap  toleran mencintai keberagaman suku dan budaya, dan ketiga sekolah  bisa relevan dengan masa depan anak.

"Sebenarnya jika itu diterapkan enam profil Pelajar Pancasila bisa menjadi karakter pelajar bangsa Indonesia ke depannya," ungkapnya.

Selain meninjau pelaksanaan Pertemuan Tatap Muka Terbatas ( PTMT) di sekolah ini ia juga meninjau bangunan sekolah. Nadiem mengaku kagum karena ada empat tempat ibadah di dalam sekolah.

"Saya baru lihat sekolah ada empat tempat ibadahnya dan bangunannya luar biasa," Ucap Nadiem sambil mengabadikan satu persatu bangunan ibadah di sekolah itu.  

Setelah itu Nadiem Makarim pun melaksanakan Temu resmi  dengan jajaran direksi sekolah di aula.

Pemilik sekolah Sofyan Tan mengaku sangat senang karena Nadiem Makarim mengunjungi sekolahnya.

"Suatu kebanggaan Menteri bisa mengunjungi sekolah ini," Tutur Sofyan.

Tag: nadiem makarim medan mendikbud nadiem makarim

Bagikan: