Resmi Tutup Peparnas XVI Papua, Presiden Jokowi: Kinerja Tuan Rumah Luar Biasa

| 13 Nov 2021 22:05
Resmi Tutup Peparnas XVI Papua, Presiden Jokowi: Kinerja Tuan Rumah Luar Biasa
Jokowi saat melakukan kunjungan ke Papua (BPMI Sekretariat Presiden)

ERA.id - Presiden Joko Widodo resmi menutup gelaran Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI Papua 2021 di Stadion Mandala Jayapura, Sabtu (13/11/2021). Ajang olaraga nasional ini digelar sejak 2 November 2021.

Saat menutup Peparnas XVI Papua 2021, Presiden Jokowi pun menyampaikan isi hatinya. Salah satunya yaitu mengapresiasi kerja keras Pemerintah Provinsi Papua yang sudah menjadi tuan rumah.

"Mengikuti penyelenggaran Peparnas XVI di Papua, saya ingin menyampaikan isi hati saya. Kinerja tuan rumah Provinsi Papua luar biasa. Penyelenggaran PON dan Peparnas luar biasa. Dukungan delegasi semua provinsi luar biasa," kata Presiden Jokowi.

Selain itu, Presiden Jokowi juga melihat sportivitas dan prestasi para atlet yang tak kalah luar biasanya. Utamanya para atlet Papua yang berhasil menjadi juara di Peparnas XVI.

Presiden Jokowi mengatakan, ajang Peparnas XVI ini menyampaikan banyak pesan yaitu bawa kesulitan dan keterbatasan bukanlah halangan. Melainkan langkah untuk mencapai prestasi.

"Peparnas ini menyampaikan banyak pesan. Peparnas ini menunjukan bahwa kesulitan bukanlah halangan, dengan konsistensi dan kerja keras segala kesulitan bisa kita atasi. Bahkan berbagai prestasi bisa kita raih," kata Presiden Jokowi.

Dia juga menyampaikan bahwa gelaran PON XX maupun Peparnas XVI 2021 menunjukan kebangkitan besar olahraga nasional, sekaligus menjadi ajang untuk merayakan keberagaman dan kesetaraan. Presiden Jokowi berharap ke depannya para atlet seluruh Indonesia bisa mengharumkan nama bangsa dan negara.

"Sata tegaskan sekali lagi, bukan hanya torang bisa, tetapi semua ini menunjukan bahwa torang hebat. Sekali lagi torang hebat," kata Jokowi.

"Dengan mengucap syukur, malam hari ini Peparnas XVI di Papua tahun 2021 secara resmi saya tutup. Sampai jumpa di Sumatera Utara dan Aceh," ucapnya.

Sebelum menutup Peparnas XVI Papua 2021, Presiden Jokowi menyempatkan diri menonton pertandingan Judo tunanetra. Sebelumnya, Peparnas XVI dibuka oleh Wakil Presiden Ma'ruf Amin.

Untuk diketahui, tuan rumah provinsi Papua dipastikan juara umum ajang Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI Papua 2021 setelah berhasil mengoleksi 294 medali hingga menjelang upacara penutupan.

Adapun 294 ini diantaranya terdiri dari 124 emas, 85 perak, dan 85 perunggu. Posisi kedua ditempati Provinsi Jawa Barat (Jabar) dengan mengoleksi total 256 medali. Rinciannya 101 emas, 85 perak, dan 70 perunggu.

Adapun di posisi ketiga, ditempati Provinsi Jawa Tengah (Jateng) dengan raihan 215 medali yang meliputi 88 emas, 55 perak, dan 72 perunggu.

Sementara itu, Kalimantan Selatan berada di urutan keempat. Kalsel mengoleksi 123 medali yang terdiri dari 39 emas, 41 perak, dan 43 perunggu.

Urutan kelima diduduki Sumatera Utara dengan setelah berhasil mengumpulkan 74 medali. Raihan ini terdiri dari 27 emas, 32 perak dan 15 perunggu.

Ajang olahraga nasional utama bagi penyandang disabilitas ini berlangsung di Kota dan Kabupaten Jayapura. Peparnas XVI Papua mempertandingkan 12 cabang olahraga. Sekitar 1.985 atlet dari 33 Provinsi seluruh Indonesia

Rekomendasi