Aksi Ganjar Cek Rumah Pompa untuk Cegah Banjir: Ini Ada Sampah, Siapa yang Mau Bersihkan?

| 16 Nov 2021 13:15
Aksi Ganjar Cek Rumah Pompa untuk Cegah Banjir: Ini Ada Sampah, Siapa yang Mau Bersihkan?
Ganjar Pranowo mengecek pompa air di Semarang, Selasa (16/11/2021). (Dok. Pemprov Jateng)

ERA.id - Kondisi rumah pompa di Kota Semarang terpantau masih bekerja dengan baik. Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengingatkan kepada petugas jaga agar memperhatikan kebersihan di sekitar pintu air rumah pompa.

Hal itu disampaikan Ganjar Pranowo saat mengecek dua rumah pompa sambil gowes di wilayah Kota Semarang, Selasa (16/11/2021). Dua rumah pompa itu antara lain rumah pompa Sawah Besar dan rumah pompa Muktiharjo Kidul.

Ganjar sengaja mengecek rumah pompa sebagai antisipasi dalam mengahadapi intensitas curah hujan yang tinggi selama bulan November-Desember 2021. Terlebih di sekitar Sawah Besar dan Muktiharjo Kidul termasuk kawasan yang sering tergenang air saat hujan lebat.

"Ditunggui terus ya, dipantau," kata Ganjar kepada penjaga rumah pompa di Muktiharjo Kidul.

Saat berada di rumah pompa Muktiharjo Kidul, Ganjar sempat melihat adanya sampah di area pintu air rumah pompa. Ganjar kemudian mengingatkan area di sekitar rumah pompa, khususnya di pintu air, untuk rajin dibersihkan agar tidak mengganggu kinerja mesin pompa air.

"Kalau ada sampah seperti ini siapa yang bersihkan? Tolong sering-sering dicek ya. Dibersihkan terus agar lancar," kata Ganjar.

Berdasarkan informasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), cuaca ekstrem dan curah hujan intensitas sedang hingga lebat akan terjadi hingga Desember 2021. Hal itu akan terus berlanjut hingga awal 2022.

Ganjar telah menetapkan Jawa Tengah siaga banjir hingga bulan April tahun depan. Ia tidak berhenti mengingatkan agar semua siap menghadapi situasi paling buruk yang berpotensi terjadi.

Ia mengingatkan agar semua pihak ikut serta dalam menjaga lingkungan seperti membuang sampah pada tempatnya. Ia juga terus memantau sejumlah daerah yang berpotensi banjir saat curah hujan tinggi.

Rekomendasi