Dihantam Ombak, KM Kalimas 4 Bersama Enam ABK Tenggelam di Perairan Asmat

| 17 Dec 2021 11:23
Dihantam Ombak, KM Kalimas 4 Bersama Enam ABK Tenggelam di Perairan Asmat
Evakuasi enam ABK KM Kalimas 4 dari kapal penangkap tuna ke kapal Basarnas, Kamis (16/12). ANTARA/HO-Polres Asmat

ERA.id - KM Kalimas 4, Minggu (12/12) tenggelam setelah dihantam ombak setinggi sekitar 4 meter saat memasuki Perairan Muara Asmat, Kabupaten Asmat, Papua, kata Kepala SAR Timika Mercy Randang.

"Penjelasan nakhoda, kapal pengangkut BBM milik PLN itu berangkat dari Timika Minggu (12/12) namun saat memasuki muara Asmat, ombak menghantam kapal hingga menyebabkan kedua mesin mati dan kapal tenggelam," jelas Randang di Jayapura, dikutip Antara, Jumat (17/12/2021).

Ia menjelaskan, enam ABK terpaksa berenang sebelum akhirnya ditemukan dan diselamatkan kapal KMN Hasil Tuna yang sedang melintas. Saat ini mereka sudah tiba dan berada di Timika setelah dijemput Tim SAR.

Menurut dia, Kapal Basarnas menjemput KMN Hasil Tuna yang berada di selatan hingga mendekati Samudera Hindia. Kapal Basarnas tiba di Timika, Jumat pagi sekitar pukul 05.00 WIT.

"Kondisi keenam ABK KM Kalimas 4 dalam keadaan sehat," jelas Randang.

Enam ABK KM Kalimas 4 yang mengangkut 150 kiloliter BBM milik PLN Asmat itu terdiri atas Ansar (kapten kapal), dibantu lima anak buah kapal yaitu Ruslan, Supliansyah, Nikmat, Haswan dan Mirzan.

Rekomendasi