Pejabat TNI Temui Bahar Smith di Bogor, Korem Suryakancana: Danrem Datang Baik-Baik

| 02 Jan 2022 12:30
Pejabat TNI Temui Bahar Smith di Bogor, Korem Suryakancana: Danrem Datang Baik-Baik
Bahar Smith (Ist)

ERA.id - Komando Resor Militer (Korem) 061 Suryakancana mengomentari aksi komandannya, Brigjen TNI Achmad Fauzi, yang menemui Bahar Smith di Pondok Pesantren Tajul Alawiyyin, Kemang, Kabupaten Bogor.

Kapenrem 061 Suryakencana, Mayor Infantri Ermansyah mengatakan bahwa jenderal bintang satu itu datang ke kediaman Bahar secara baik-baik.

Berseragam lengkap, Achmad Fauzi menemui Bahar untuk menyampaikan pesan terkait isi ceramahnya yang diduga menyinggung institusi TNI terkhusus pimpinannya.

"Pertama kedatangan Danrem itu, menyampaikan pesan kepada Habib Bahar perihal isi ceramahnya yang viral karena, menyinggung institusi kami. Nah Danrem menyampaikan kalau ke depan dalam ceramah, janganlah ada unsur provokatif, menyinggung institusi kami apalagi menjelekkan dan menghina pimpinan kami Jenderal TNI Dudung Abdurahman ini akan meresahkan masyarakat Itu yang disampaikan," kata Ermansyah dalam keterangan tertulisnya, Minggu (2/1/2022).

Selain menyampaikan itu, Ermansyah juga menyebut bahwa kehadiran Danrem 061 Suryakancana untuk sosialisasi mengajak masyarakat menjaga ketertiban dan keamanan agar tetap tenang dan nyaman.

Selaku pimpinan, kata dia, Danrem mempunyai tanggungjawab untuk menjaga kestabilan keamanan, ketertiban dan kedamaian di lima wilayah Korem 061 Suryakancana yakni Kota Bogor, Kabupaten Bogor, Cianjur, Kota Sukabumi dan Kabupaten Sukabumi.

"Harusnya seorang ulama apabila ceramah juga dapat memberikan ketenangan, kedamaian untuk umat, bukan sebaliknya, atau malah ngurusin prajurit yang di Papua ini sangat tidak tepat menurut kami," jelasnya.

Ia pun berpesan, apabila Bahar masih berceramah provokatif dan menjelekkan institusi tertentu, pihaknya tidak segan membubarkan ceramah sesuai ketentuan dan prosedur hukum yang berlaku dengan melibatkan aparat terkait.

"Kemarin Danrem juga didampingi dengan anggota Koramil setempat. Kehadiran itu bertujuan untuk mengajak dan saling menjaga ketertiban dan keamanan bersama-sama tidak ada untuk menakut nakuti masyarakat seperti yang diviralkan. Bagaimana pun juga ketertiban dan kondusifitas wilayah adalah tanggung jawab kami," tutup Ermansyah.

Sebelumnya, Bahar Smith berujar lewat akun Yotube Aldo Babeh. Ia mengaku, kalau kedatangan pejabat TNI ke area pesantrennya dinilai janggal.

"Kita semua tenang. Ana cinta TNI. Kalau bapak datang ke sini baik-baik, kita terima baik-baik. Cuma datangnya salah tadi kayak gitu, mau unjuk gigi sama rakyat? Sampai ada ibu-ibu menangis di depan. Apa maksudnya?"

Rekomendasi