Ribuan pasukan Brimob Nusantara Siap Dikirim ke Yalimo Papua, Ada Apa?

Tim Editor

Kapolda Papua Irjen Pol Mathius Fakhiri (antara)

ERA.id - Sebanyak 12 satuan setingkat kompi (SSK) atau 1.200 personel Brimob Nusantara saat ini disiagakan untuk mengamankan pelaksanaan pemilihan suara ulang (PSU) yang dijadwalkan berlangsung Rabu (26/1) mendatang.

Kapolda Papua Irjen Pol Mathius Fakhiri di Jayapura, Jumat (21/1/2022), mengaku banyaknya Brimob yang disiagakan guna memberikan rasa aman kepada masyarakat di wilayah itu.

Enam SSK Brimob Nusantara sudah disiagakan dan disebarkan di distrik-distrik di Kabupaten Yalimo, dan enam SSK disiagakan di Arso, Kabupaten Keerom, dan di Wamena, Kabupaten Jayawijaya.


Satu SSK di antaranya, yakni yang berasal dari Polda Papua akan melaksanakan patroli hingga ke daerah di wilayah Kabupaten Yalimo.

"Mudah-mudahan keamanan di wilayah itu tetap kondusif hingga penetapan pasangan calon terpilih, " harap Irjen Pol Fakhiri.

Kapolda Papua berharap masyarakat nantinya akan menyalurkan suaranya dan memilih calon pemimpin di daerah yang membawa kesejahteraan bagi seluruh masyarakat.

"Masyarakat juga diharapkan tidak mudah terpancing isu-isu dan tetap membantu menjaga keamanan di wilayah itu hingga dilantiknya bupati dan wakil bupati terpilih," harap Kapolda Irjen Pol Fakhiri.

Sementara itu Dandim 1702 Jayawijaya Letkol Inf Arif Budi Situmeang secara terpisah menyatakan 540 prajurit disiagakan untuk mengamankan PSU Yalimo.

Ratusan prajurit itu sebagian sudah berada di Elelim, ibukota Kabupaten Yalimo sedang sebagian lainnya siaga di Wamena, tambah Letkol Inf Situmeang.

PSU Yalimo diikuti dua pasangan calon bupati dan wakil bupati, yakni pasangan calon 01 Lakius Peyon-Nahum Mabel dan pasangan calon 02 yaitu Nahor Nekwek-John Wilil.

Tag: Kapolda Papua warga papua

Bagikan: