Kementan Apresiasi Langkah Polres Nganjuk yang Meringkus Mafia Pupuk Subsidi

| 22 Jan 2022 22:36
Kementan Apresiasi Langkah Polres Nganjuk yang Meringkus Mafia Pupuk Subsidi
Ilustrasi persawahan (Wikimedia Commons)

ERA.id - Kementerian Pertanian (Kementan) mengapresiasi Polres Nganjuk karena membongkar jaringan penyalahgunaan pupuk bersubsidi di wilayah Kabupaten Nganjuk.

"Kami sangat mengapresiasi dan menyampaikan terima kasih kepada Kapolres Nganjuk AKBP Boy Jeckson beserta jajarannya yang telah bekerja keras mengungkap jaringan penyalahgunaan pupuk subsidi selama ini di Kabupaten Nganjuk," kata Direktur Pupuk dan Pestisida Kementan, Mohammad Hatta, Sabtu (22/1/2022).

Hal ini, lanjut Hatta, terbukti menjadi salah satu jawaban atas masalah kelangkaan pupuk bersubsidi selama beberapa waktu terakhir.

"Sekali lagi kami ucapkan terima kasih dan sangat mendukung langkah pihak Kepolisian memberantas mafia pupuk subsidi. Semoga kedepannya tidak ada lagi yang berani menyalahgunakan pupuk subsidi," ucapnya.

Kementerian Pertanian juga mendorong masyarakat untuk ikut berpartisipasi aktif mengawasi penyaluran pupuk subsidi, agar tidak terjadi penyelewengan.

"Masyarakat pun dapat turut berpartisipasi mengawasi penyaluran pupuk bersubsidi agar tepat sasaran dan benar-benar sampai ke petani yang membutuhkan," imbuhnya.

Sebelumnya, jajaran Polres menangkap tiga tersangka yang menyalahgunakan pupuk bersubsidi di Kabupaten Nganjuk. Total barang bukti yang berhasil diamankan mencapai 111,5 ton pupuk bersubsidi jenis Urea, ZA Phonska, dan SP36.

Para tersangka itu menjual pupuk bersubsidi kepada orang lain, di luar anggota kelompok tani sesuai dengan RDKK (Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok Tani).

Kapolres Nganjuk AKBP Boy Jeckson menyebut jajarannya akan mengejar pelaku yang merugikan orang banyak dan petani.

“Kepada mereka yang menyalahgunakan pupuk bersubsidi, hentikan kegiatan ini. Kasihan para petani. Mari dukung petani kita, terlebih mengingat saat ini sedang musim tanam. Jangan sampai terjadi kelangkaan karena ini menyangkut hajat hidup orang banyak. Jajaran Polres Nganjuk akan mencari dan menemukan para pelaku serta mafia ini bakal kita bongkar,” katanya.

Rekomendasi