512 Kios Relokasi Pasar Johar Terbakar, Polisi Ungkap Penyebabnya

| 03 Feb 2022 21:30
512 Kios Relokasi Pasar Johar Terbakar, Polisi Ungkap Penyebabnya
Pasar Johar (Wawan/era.id)

ERA.id - Polda Jateng masih menyelidiki penyebab utama kebakaran di Relokasi Pasar Johar di Jl. Pelabuhan Ratu, Sambirejo, Gayamsari, Kota Semarang. Api diduga berasal dari kios jeruk, kendati polisi masih menyelidiki hal ini.

Pasar yang diisi ratusan pedagang itu terbakar pada pukul 18.15 WIB pada Rabu (2/2) dan dapat dipadamkan sekitar pukul 23.00 WIB.

Tiga mobil water Canon milik Polrestabes dan Polda Jateng serta belasan damkar milik Pemda Kota dan Kabupaten Semarang dilibatkan dalam proses pemadaman.

Sementara puluhan polisi mengamankan lokasi dan membantu mengurai arus lalu lintas di sekitar pasar.

Kapolda Jateng melalui Kabid Humas Kombes Pol M Iqbal Alqudusy menyatakan penyebab pasti kebakaran masih dalam proses penyelidikan.

Menurut Iqbal, terdapat 512 kios yang ludes terbakar dalam kejadian itu. Kios-kios itu berlokasi di blok E-1 sampai E-8 serta blok F-1 sampai F-8.

"Pagi ini tim Bidlabfor terjun ke lokasi untuk menyelidiki penyebab pasti kebakaran. Untuk saksi-saksi kejadian sudah diperiksa," ungkap Iqbal, Kamis (3/2).

Ia menambahkan, saksi-saksi menerangkan pertama kali melihat ada kobaran api yang berasal dari Blok F-4 Relokasi Pasar Johar kemudian api tersebut menjalar ke Blok F dan Blok E.

"Api cepat menyebar karena lokasi antar kios yang berdempetan. Di lokasi terdapat banyak bahan material yang mudah terbakar. Ditambah lagi saat kejadian angin berembus kencang," ujarnya.

Berdasar keterangan saksi, jelas Iqbal, api diduga dari kios jeruk di blok F-4. Namun dirinya enggan berspekulasi dan meminta media menunggu hasil lengkap penyelidikan.

"Untuk korban jiwa nihil dan kerugian material secara pasti masih didatakan," tutup Kabidhumas.

Rekomendasi