Menteri Basuki Puji Jokowi Depan Warga Sumsel: Tak Hanya Bangun Bendungan...

| 28 Feb 2022 07:43
Menteri Basuki Puji Jokowi Depan Warga Sumsel: Tak Hanya Bangun Bendungan...
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Presiden Jokowi (KemenPUPR)

ERA.id - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono memuji kinerja pimpinannya, Jokowi, dalam hal pembangunan infrastruktur, di depan warga Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumsel, Minggu (27/2/2022).

“Di masa Pemerintah Presiden Joko Widodo ini kita tidak hanya membangun infrastruktur-infrastruktur besar seperti jalan nasional, jalan tol, bendungan, tetapi juga infrastruktur kemasyarakatan seperti jembatan gantung,” kata Basuki.

Di depan Gubernur Sumsel Herman Deru, Pj Bupati OKU Edward Chandra, Bupati OKU Timur Lanozin Hamzah dan Bupati Lahat Cik Ujang, Basuki mengaku pembangunan infrastruktur sejenis ini sudah banyak dilakukan pemerintah di daerah lain, yang bertujuan mendukung pertumbuhan ekonomi masyarakat.

Seperti halnya Jembatan Air Lontar ini, ia melanjutkan, yang bertujuan memberikan manfaat langsung bagi masyarakat. Jembatan yang menghubungkan antara Desa Tangsi Lontar, Kecamatan Pengandonan dengan Desa Lontar Kecamatan Muara Jaya dapat digunakan warga untuk mengangkut hasil pertanian.

“OKU merupakan sentra pertanian padi, saya tadi melihat dari helikopter adanya hamparan hijau yang luas. Semoga saja, dengan adanya jembatan ini semakin mempermudah masyarakat untuk membawa hasil pertanian,” kata dia.

Pembangunan Jembatan Air Lontar merupakan prakarsa Pemerintah Provinsi Sumsel dan Pemerintah Kabupaten OKU yang didukung Kementerian PUPR dengan biaya total Rp9,8 miliar.

Pembangunan jembatan yang membentang di atas Sungai Muara Laham dan Sungai Ogan dengan panjang bentang 90 meter dan lebar 6 meter ini menggunakan produk dalam negeri, mulai dari struktur baja hingga tenaga kerja.

Sejauh ini, jembatan sudah melalui uji beban statik dan dinamik oleh Pemprov Sumsel. Kemudian akan dilakukan uji loading dan tes sesuai prosedur oleh Kementerian PUPR.

Tak hanya menyoroti mengenai kebutuhan infrastruktur jembatan, Basuki juga menjanjikan bakal adanya perbaikan irigasi di daerah tersebut.

“Ini menindaklanjuti usulan masyarakat, sehingga pada tahun ini akan dikerjakan desain, dan dilanjutkan pembangunan bendungan pada 2023,” kata dia.

Gubernur Sumsel Herman Deru menyampaikan Jembatan Air Lontar ini sangat ditunggu oleh masyarakat untuk mempermudah dalam mengangkut hasil produksi pertanian.

Daerah ini terkenal dengan penghasil padi terbesar atau basis pertanian di Kabupaten OKU

“Terima kasih atas dukungan dari pemerintah pusat, hadirnya jembatan ini membuat akses masyarakat membawa hasil pertanian menjadi lebih mudah," kata Herman Deru.

Rekomendasi