Kasihan Pria Ini, Sudah Dikasih Surat Tilang Biru, Masih Dimintai Uang Juga oleh Polisi

| 18 Mar 2022 13:27
Kasihan Pria Ini, Sudah Dikasih Surat Tilang Biru, Masih Dimintai Uang Juga oleh Polisi
Ilustrasi polisi (ERA.id)

ERA.id - Nasib apes diterima seorang pria entah di daerah mana. Dalam sebuah video pendek, ia ditilang oleh polisi. Info itu viral di Twitter.

Kabar itu diviralkan akun @txtdrberseragam. Tampak dari video itu, si pria memegang slip kertas berwarna biru. Terlihat raut wajahnya hanya pasrah dan mencoba mengikhlaskan uangnya dikantongi si polisi.

"Slip biru ya, ikut sidang kan yang slip merah Pak," tanya perekam video ke polisi tersebut.

Sesaat melontarkan pertanyaan itu, seorang polisi langsung mendatangi si perekam video. Perekam tersebut meminta agar oknum polisi mengembalikan uang yang sudah diterimanya.

"Tolong kembalikan uangnya Pak, ini (anak muda tersebut, red) orang susah," lanjut pria perekam tersebut.

Perlu diketahui untuk pengertian surat tilang merah dan biru. Surat tilang merah berarti Anda keberatan dengan keputusan petugas kepolisian dan mengajukan banding melalui persidangan tilang, yang dilakukan di hari lain.

Sedangkan surat tilang biru, berarti Anda menerima keputusan dari petugas kepolisian dan memilih untuk menyelesaikan perkara tilang tersebut pada saat itu juga.

Pelanggar yang diberi surat tilang berwarna merah, bisa berargumen di pengadilan saat sidang digelar. Sementara slip biru, artinya pelanggar mengakui kesalahannya dan dapat langsung membayar dendanya menggunakan sistem e-Tilang, bukan di polisi.

Pria perekam tersebut juga menjelaskan uang yang diambil oknum polisi tersebut untuk digunakan hal yang sangat penting.

"Bapak tahu gak, uang itu dia (anak muda tersebut) mau gunakan untuk nebus obat mamanya. Udah tolong kembaliin lah Pak," tuturnya.

Sontak oknum polisi tersebut menghampiri si perekam untuk kali kedua. Tak begitu jelas apa yang diucapkannya. Belakangan, si polisi ingin mengambil ponsel perekam, namun dapat dicegah oleh perekam itu sendiri.

"Hati-hati loh Pak, saya koordinasi dengan Propam loh. Saya tinggal telepon. Tolong kembalikanlah uangnya, dia mau nebus obat loh," ucapnya.

Melihat ada satu polisi lagi, si perekam meminta agar dia memberitahukan ke temannya (si pengambil uang), agar segera mengembalikan uang si pria apes itu.

"Tolong disampaikan ke temannya Pak untuk mengembalikan uangnya. Gak boleh gitu dong, kan udah ditilang. Masa kayak gitu sih, kan dia udah ditilang. Dia udah terima pelanggarannya," jelas perekam tersebut.

Namun hingga akhir video, oknum tersebut tidak memperlihatkan akan mengembalikan uang anak muda yang ditilangnya. Postingan ini juga dibanjiri komentar dari netizen sebanyak 700 lebih.

Rekomendasi