Ekonomi Merangkak Naik, BPS: Kinerja Pemprov Sulsel Terus Membaik

| 04 Apr 2022 20:23
Ekonomi Merangkak Naik, BPS: Kinerja Pemprov Sulsel Terus Membaik
Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman (Dok. Pemprov Sulsel)

ERA.id - Badan Pusat Statistik (BPS) mengakui progres kinerja pemerintah provinsi yang dipimpin Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman menampakkan tren yang baik alias meningkat.

Tren membaik ini berdasarkan pantauan BPS dari indikator macro yang dijalankan oleh sejumlah pihak semakin positif akhir-akhir ini.

Kepala BPS Sulsel, Suntono menyampaikan di ruang rapat kerja kalau BPS mengamati kinerja Pemprov Sulselsaat ini relatif baik bahkan seluruh indikatornya sangat koheren secara statistik.

"Secara umum, sampai hari ini masih menunjukkan tren yang terus membaik." ungkapnya, Senin (4/4/2022).

Suntono memaparkan indikator makro Sulsel itu.dimulai dari pertumbuhan ekonomi, inflasi, tingkat kemiskinan dan ketimpangan, ketenagakerjaan dan indeks pembangunan manusia (IPM).

"Pertumbuhan ekonomi tahun 2021 mengalami tren positif yang tumbuh 4,65 persen, dibanding tahun 2020 lalu yang terkontraksi -0,71 persen," ujarnya.

Untuk inflasi sendiri, kata dia, relatif terkendali pada Tahun 2021, inflasi di Sulsel 2,26 persen. Sementara itu, pada bulan Maret 2022, inflasi 1,07 persen.

Suntono pun bilang sejalan dengan pertumbuhan ekonomi, angka kemiskinan dan angka pengangguran di Sulsel menurun. Angka pengangguran membaik, meski baru saja pulih (penyebaran menurun) dari pandemi.

"Pada bulan Agustus 2021 angka pengangguran 5,72 persen sementara Februari 2021 5,79 persen. Sementara angka kemiskinan trennya sangat bagus, mengalami penurunan, September 2021 8,53 persen, dan Maret 2021 8,78 persen." jelasnya.

Untuk gini ratio, mengalami penurunan. September 2021, gini ratio di Sulsel berada pada angka 0,377.

"Untuk IPM terus mengalami peningkatan, tahun 2021 IPM di Sulsel berada pada angka 72,24." katanya.

Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman menyampaikan bahwa capaian indikator makro yang kinerja tahun 2021 itu merupakan atas sinergitas bersama. Kata Gubernur, hal ini merupakan hasil kerja bersama dan sinergitas bersama Kabupaten/Kota.

"Alhamdulillah, ekonomi kita mengalami pertumbuhan 4,65 persen yang sebelumnya terkontraksi -0,71 persen," sebutnya.

Andi Sudirman Sulaiman mengaku "hasil dari paparan ini menjadi bahan bagi kami untuk merumuskan kebijakan yang senantiasa berfokus pada peningkatan pelayanan kepada masyarakat." terangnya.

Pertemuan yang dipandu oleh Sekda Sulsel, Abdul Hayat Gani ini turut dihadiri para asisten, staf ahli, Kepala OPD Lingkup Pemprov Sulsel, dan TGUPP.

Rekomendasi