Pemprov Sulsel Akan Bagikan Ribuan Ton Benih Padi ke 24 Kabupaten Kota

| 20 Apr 2022 16:01
Pemprov Sulsel Akan Bagikan Ribuan Ton Benih Padi ke 24 Kabupaten Kota
Ilustrasi petani (Antara)

ERA.id - Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan segera menyalurkan benih padi sebanyak 2.600 ton pada Program Mandiri Benih kepada 24 kabupaten/kota se Sulsel secara bertahap.

Plt Kepala Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan Sulsel, Imran Jausi mengemukakan bahwa Sulsel menargetkan penyaluran benih padi sebanyak 2,6 juta kg atau 2.600 ton untuk luas lahan 104 ribu hektar di tahun 2022.

"Benih ini dibagikan gratis ke masyarakat. Penyalurannya secara bertahap sesuai dengan musim tanam di daerah," katanya di Makassar, Rabu (20/4/2022).

Bantuan benih akan disalurkan pada dua musim tanam dengan masing-masing kuota benih padi yakni musim tanam April-September 1.200 ton dan musim tanam Oktober-Maret sebanyak 1.400 ton.

Sulawesi Selatan dikenal sebagai salah satu daerah yang kaya dengan hasil pertanian. Bahkan menjadi penyangga pangan di wilayah Indonesia, khususnya pada Indonesia bagian Timur.

Maka ribuan benih padi yang akan disalurkan kepada kelompok tani itu diharapkan dapat meningkatkan produksi padi menggunakan benih berkualitas, menjaga pola tanam, mengatur jarak tanam (bukan hambur), dan pemeliharaan yang baik dan benar.

"Target yang ingin kita capai tentunya peningkatan produktivitas. Jika benihnya unggul, kualitas baik, tentunya akan bisa menghasilkan produksi yang lebih bagus," ujarnya.

Mengusung tema yakni "Bangkitkan Pertanian Sulsel Melalui Mandiri Benih", penyaluran benih padi akan berlangsung pada peluncuran Program Mandiri Benih di Jembatan Tongkonan Toraja, Center Point of Indonesia (CPI), Makassar, Jumat 22 April 2022 mendatang.

Rekomendasi