Jaga Ketersediaan, Pemprov Sulsel Siap Gelar Pangan Jelang Lebaran

| 22 Apr 2022 17:00
Jaga Ketersediaan, Pemprov Sulsel Siap Gelar Pangan Jelang Lebaran
Gelar Pangan Sulsel (Dok Pemprov Sulsel)

ERA.id - Menjelang hari raya Idulfitri 1443 H, Pemerintah Provinsi (Pemprov), Sulawesi Selatan segera menyelenggarakan gelar pangan di kabupaten/kota.

Hal ini menjadi komitmen Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman dalam upaya memberikan layanan pasar murah yang menyediakan pangan dengan harga yang terjangkau bagi masyarakat.

"Ini menjadi komitmen bersama antara pemerintah pusat dan juga pemerintah provinsi sulsel untuk menyediakan pangan dengan harga terjangkau bagi masyarakat," ungkap Andi Sudirman Sulaiman.

Plt Kepala Dinas Ketahanan Pangan (ketapang) Sulsel, Kemal Redindo Syahrul Putra mengatakan, bahwa pelaksanaan gelar pangan ini dilakukan dengan dirangkaikan gerakan bantuan pangan pada masyarakat.

Menurutnya, giat itu merupakan kerjasama kementerian pertanian dengan dinas ketapang sulsel, dan dinas ketapang kabupaten/kota.

Kegiatan ini menawarkan komoditas pangan strategis seperti beras, jagung, daging sapi, daging ayam, telur ayam, cabe rawit, cabe merah, bawang putih dan bawang merah, gula dan minya

"Gelar pangan ini merupakan event dalam menyiapkan semua pangan lokal dengan harga yang terjangkau, serta berkualitas untuk masyarakat, mempermudah akses pangan bagi masyarakat, mempengaruhi harga pasar agar tidak terlalu fluktuatif, dan menjaga stabilitas harga," jelasnya.

Pelaksanaan gerakan gelar pangan dalam rangka hari besar keagamaan dan nasional (HBKN) sebelumnya telah dibuka secara resmi oleh ketua tim penggerak PKK Sulsel, Naoemi Octarina pada 30 maret 2022.

"Pelaksanaan gelar pangan ini kita sudah lakukan tiga hari menjelang ramadan dan nanti akan kembali digelar sekitar 3 hari menjelang lebaran hari raya Idulfitri," lanjut Kemal Redindo.

Lanjutnya, adapun gelaran pangan dilakukan secara serentak pada 6 zona yaitu, Makassar, Bulukumba, Pinrang, Bone, Enrekang dan Luwu sebagai perwakilan dari 24 kabupaten/kota di Sulsel.

Bantuan pangan dari kementerian pertanian berupa minyak goreng sebesar 23.000 liter dan gula pasir 25.000 ton dengan cara pembagian di kordinir Dinas Ketapang 24 kabupaten/kota dengan melibatkan camat untuk agar lebih teratur di masa pandemi Covid-19.

Pihak lain yang ikut dilibatkan Bulog sebagai bantuan gudang penyimpanan dan distribusi bantuan, Dinas Peternakan Sulsel, Dinas Pariwisata serta para pelaku usaha seperti Japfa, Pokphand dan peternak telur ayam yang ikut membantu terselenggaranya kegiatan ini

Tags : Gelar pangan
Rekomendasi