Viral Kiai Sepuh Madura Tampar Anggota Banser: Kiainya Gak Dijaga, Gereja yang Dijaga!

| 25 Apr 2022 12:22
Viral Kiai Sepuh Madura Tampar Anggota Banser: Kiainya Gak Dijaga, Gereja yang Dijaga!
Ilustrasi Banser (Antara)

ERA.id - Kiai sepuh dari Madura, Jawa Timur, jadi perbincangan usai video yang memperlihatkan dirinya menampar anggota Banser, viral di media sosial.

Kiai itu adalah Syukron Ma'mun. Kiai Syukron mendaratkan tangan ke pipi anggota Banser yang mulus tersebut, dikarenakan gerakan Banser yang kini dianggapnya berbeda dari yang dulu.

Dalam video itu, Kiai Syukron yang juga menjadi Pimpinan Pondok Pesantren Daarul Rahman, mengingatkan kalau anggota Banser mestinya kembali menjaga keamanan ulama atau kiai.

"Menjaga kiai mestinya kamu di rumah saya Banser ini. Tapi akhirnya Banser, kiainya enggak dijaga gereja yang dijaga," kata Syukron dikutip dalam video berjudul 'KH. Syukron Makmun Tampar Seorang Banser Agar Jangan Jaga Gereja,' yang diunggah akun YouTube NU Garis Lurus, Sabtu (23/04/2022).

Setelah itu, Kiai Syukron juga menampar lagi seorang pemuda. "Akhirnya kiainya enggak dijaga gereja dijaga. Bagaimana benar kan saya ngomong? Lah iya suruh jaga kiai," ujarnya.

Video viral kiai menampar anggota Banser ini mengundang beragam reaksi warganet di medsos.

Tokoh NU Kiai Luthfi Bashori yang cukup terkenal di Jawa Timur, lantas membahas tugas Banser sejak dulu kala.

Saat itu, Ansor menjadi pelindung ulama dari kekerasan yang dilakukan PKI, lalu perlahan-lahan menjadi Banoe (Barisan Ansor Nahdlatul Oelama).

"Begitulah untuk menjaga eksistensi para ulama yang memperjuangkan Islam lewat partai Nahdlatul Ulama (NU). Pada akhirnya Banser, saat itu, menjaga eksistensi Partai NU. Akhirnya Banoe bekerja sama dengan TNI untuk memberantas G30SPKI," tandasnya.

Rekomendasi