Situasi Terkini Arus Balik di Jalur Nasional lintas Gentong Tasikmalaya, Terpantau Padat Sejak Jumat Siang hingga Sabtu Dini Hari

| 07 May 2022 01:05
Situasi Terkini Arus Balik di Jalur Nasional lintas Gentong Tasikmalaya, Terpantau Padat Sejak Jumat Siang hingga Sabtu Dini Hari
Sejumlah kendaraan melintas di jalur Gentong, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, Jumat (6/5/2022) malam. (ANTARA/HO-Pokja Polresta Tasikmalaya)

ERA.id - Arus balik kendaraan di jalur nasional lintas Gentong, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, menuju Bandung padat. Hal itu membuat petugas harus beberapa kali memberlakukan sistem satu arah di jalur itu, Jumat malam (7/5/2022).

Kepadatan arus kendaraan di jalur selatan Jabar lintas Kabupaten Tasikmalaya itu sudah terjadi sejak Jumat siang hingga malam hari masih terjadi kepadatan di jalur Gentong menuju Garut.

Petugas beberapa kali memberlakukan satu arah di jalur arus balik dari timur atau Tasikmalaya menuju barat atau Garut-Bandung untuk mengurai kepadatan di jalur tersebut.

Wakil Direktur Lalu Lintas Polda Jabar AKBP Matrius saat di Jalur Gentong mengatakan Jalur Selatan Jabar sedang terjadi peningkatan arus kendaraan dari arah timur ke barat.

"Peningkatan arus dari mulai kemarin," katanya.

Ia menyampaikan upaya mengatasi kepadatan arus kendaraan di jalur itu maka diberlakukan sistem satu arah atau penarikan kendaraan dari Gentong sampai Malangbong, Kabupaten Garut, sejauh kurang lebih 10 km.

"Pemberlakuan 'one way' karena terjadi penumpukan arus lalu lintas dari mulai Lingkar Nagreg sampai dengan Rajapolah," katanya.

Ia mengungkapkan terjadinya kepadatan arus kendaraan karena naiknya volume kendaraan yang melintas di Jalur Selatan Jabar, sementara kapasitas jalan masih terbatas hanya dua jalur yang masing-masing digunakan satu lajur.

Upaya lain untuk mengatasi kepadatan di jalur itu, kata dia, dengan pengalihan arus kendaraan dari arah Ciamis atau Tasikmalaya menuju jalur alternatif Singaparna untuk menuju Garut lalu Bandung.

"Kami merekayasa dengan cara mengalihkan ke Sinngarpana dan menarik dari Gentong ke Malangbong," katanya.

Rekomendasi