Seru, Warga Rebut Uang Pedagang Pecel Lele Lamongan yang Dilempar dari Atas Masjid

| 10 May 2022 17:08
Seru, Warga Rebut Uang Pedagang Pecel Lele Lamongan yang Dilempar dari Atas Masjid
Seorang pria di Lamongan, Jawa Timur, melempar uang pedagang pecel lele dari atas masjid.

ERA.id - Para pedagang pecel lele dan sea food yang pulang dari merantau, berbagi rezeki di Bugoharjo, Lamongan, Jawa Timur. Uang yang didapatnya dari hasil berdagang, dilempar dari atas masjid.

Praktis, warga yang tahu info tersebut, langsung berkerumun menunggu rezeki jatuh dari atap masjid, yang dibagi oleh Persatuan Perantau Warga Bugoharjo Se-Nusantara (PPWB) itu.

Bagi pedagang yang merantau dan baru berkesempatan pulang kampung menikmati momen Lebaran Idulfitri, berbagi rezeki yang diraih dari kampung orang, dirasanya wajib.

Hitung-hitung, para donatur dan dermawan bisa memberi senyum dan bahagia untuk rekan sekampungnya. Setelah ditelusuri, ini sudah jadi tradisi.

Dulu, uang koin 'dibuang' saat warga baru saja membeli sapi atau sepeda motor baru. Bukan cuma di Lamongan saja tradisi ini, di Indramayu juga ada, namanya saja yang berbeda yakni surak.

Sekarang tradisi itu diubah sedemikian rupa. Seperti apa? Uang yang dilempar, bukan lagi koin, melainkan duit kertas pecahan dua ribu rupiah hingga sepuluh ribu rupiah.

Walau cara ini terbilang ekstrem, tetapi filosofinya sungguh menarik, yakni para donatur berharap agar selama merantau, diberi kesehatan, panjang umur, dan rezeki yang banyak.

Penasaran dengan aksinya? Anda bisa melihat video di Instagram @fakta.indo.

Rekomendasi