Meningkat Dibanding Tahun Lalu, 7,4 Juta Kendaraan Melintas Solo Selama Lebaran

| 10 May 2022 22:30
Meningkat Dibanding Tahun Lalu, 7,4 Juta Kendaraan Melintas Solo Selama Lebaran
Tugu Makutho yang menjadi salah satu akses keluar masuk di kota Solo (Amalia Putri/Era.id)

ERA.id - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Solo mencatat selama momen lebaran ada sebanyak 7,4 juta kendaraan yang melintas di kota Solo. Hingga saat ini masih terlihat sedikit kendaraan yang menunjukkan masa angkutan lebaran meski arus balik sudah berakhir.

Kabid Lalu Lintas Dinas Perhubungan Kota Solo Ari Wibowo mengatakan angka 7,4 juta ini dihitung sejak H-6 lebaran. Hingga saat ini masih banyak kendaraan yang melintas.

”Jika dibandingkan masa angkutan lebaran pada 2019 lalu mengalami kenaikan. Sebab 2019 lalu tercatat ada 7,2 juta kendaraan yang melintas,” kata Ari pada Selasa (10/5/2022).

Data traffic counting ini menunjukkan jenis kendaraan yang mendominasi yakni kendaraan roda dua dengan 65 persen atau setara 4,6 juta kendaraan. Disusul kemudian dengan kendaraan ringan seperti mobil dan sejenisnya dengan 30 persen atau setara 2,1 juta kendaraan.

”Sisanya adalah kendaraan berat. Penggunaan rest area juga cukup tinggi, sebab Solo ini menjadi titik masuk bagi pemudik baik dari Jawa Barat maupun Jawa Timur,” ucapnya.

Catatan lainnya yang menjadi evaluasi yakni pintu masuk kota, simpang sebidang kereta api hingga lokasi belanja dan kuliner menjadi titik kepadatan lalu lintas. ”Ke depannya harus disiapkan dengan baik lagi mengenai kebutuhan rest area. Kemungkinan tahun depan kami tambah,” ucapnya.

Rekomendasi