Pemprov Sulsel Ingin Menjajah Negara Lain Pakai Rempah-Rempah dari Luwu Utara

Tim Editor

Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman (Dok. Pemprov Sulsel)

ERA.id - Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman memuji Kabupaten Luwu Utara depan Bupati Indah Putri Indriani. Sudirman mendorong Lutra menjadi poros ekonomi baru di Sulsel.

Kata Sudirman, Lutra merupakan daerah yang luar biasa karena memiliki karunia tanah yang subur, dengan sumber air yang melimpah dan hasil pertanian yang melimpah.

“Daerah Luwu Raya menjadi kontributor terbesar ekspor di Sulsel. Hampir 80 persen ekspor Sulawesi Selatan dari Luwu Raya. Sebagian besar dari Luwu Utara,” ujarnya pada acara Rapat Paripurna dalam rangka 23 Tahun Kabupaten Luwu Utara di Kantor DPRD Luwu Utara, Kamis (12/5/2022).


Beberapa komoditas yang diekspor dari Luwu Utara, seperti hasil hutan seperti kayu; coklat; kopi; dan rempah-rempah.

Gubernur termuda di Indonesia ini pun terus mendorong masyarakat mengekspor, bukan hanya pertambangan namun juga hasil rempah-rempah yang melimpah ruah.

“Kalau dulu, kita dijajah karena rempah-rempah. Sekarang kita menjajah mereka dengan memasukkan ekspor rempah-rempah,” ujarnya.

Selain itu, Gubernur juga menyerahkan bantuan benih gratis untuk 1.000 hektar lahan pertanian kepada petani di Kabupaten Luwu Utara.

Bantuan benih sebanyak 25.000 kg atau 25 ton yang diserahkan Gubernur Sulsel kepada kelompok tani Luwu Utara.

“Kabupaten Luwu Utara menjadi salah satu sasaran dalam program mandiri benih tanaman pangan, khususnya benih tanaman padi. Dengan melibatkan petani penangkar yang dilaksanakan di lahan petani penangkar seluas 5 hektar," ujarnya.

Tag: Sulsel luwu utara pemprov sulsel gubernur sulsel Andi Sudirman Sulaiman Indah Putri Indriani pemkab luwu utara

Bagikan: