Jelang Idul Adha 2022, Pemkot Bandung Ajukan Vaksinasi PKM untuk Hewan Kurban ke Pemerintah Pusat

| 17 May 2022 19:35
Jelang Idul Adha 2022, Pemkot Bandung Ajukan Vaksinasi PKM untuk Hewan Kurban ke Pemerintah Pusat
Ilustrasi (Antara)

ERA.id - Pemerintah Kota Bandung mengantisipasi penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan, salah satunya hewan-hewan kurban yang disiapkan untuk perayaan idul adha 2022 atau 1443 Hijriah.

Meski di Kota Bandung belum ditemukan kasus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan berkuku belah, Wali Kota Bandung, Yana Mulyana mengaku telah mengajukan vaksinasi hewan ke pemerintah pusat.

"Sebentar lagi kan Iduladha ya, saat ini kita sedang berupaya untuk mengajukan vaksin hewan ke pemerintah pusat, melihat banyak peternak hewan kurban yang tidak mempunyai peternakan sendiri' kemudian faktor lainnya adalah kita agak sulit untuk menutup jalur pengiriman dari luar kota," ungkapnya di Balai Kota, Jalan Wastukencan, Kota Bandung, Selasa (17/4/2022).

Untuk kebutuhan vaksin hewan-hewan kurban, Yana mengatakan menjadi prioritas dan kebutuhan vaksinasi penyakit hewan tergolong tinggi atau penting untuk ditangani.

"Data hewan kurban yang kami punya, terdiri dari sapi sebanyak 75 ekor yang siap dipotong, ini berdasarkan data dari rumah potong hewan kurban yang bukan hanya menyediakan sapi, hewan lain seperti kambing dan domba pun harus mendapatkan vaksinasi," paparnya.

Yana berharap melalui vaksinasi hewan bisa mengantisipasi penularan penyakit pada hewan potong kurban.

"Mudah-mudahan kita bisa antisipasi, meskipun secara teori tidak menular ke manusia, tapi kalau virusnya menempel ke manusia, bisa transmisi ke binatang lain," imbuhnya.

Rekomendasi