Jalanan di Enrekang Sulsel yang Membahayakan Pengendara Segera Diperbaiki

| 13 Jun 2022 09:44
Jalanan di Enrekang Sulsel yang Membahayakan Pengendara Segera Diperbaiki
Perbaikan jalan rusak (Antara)

ERA.id - Jalan rusak pada ruas Paleteang-Malaga-Kabere di Kabupaten Enrekang, yang menghubungkan dengan Kabupaten Pinrang, Sulawei Selatan, segera dikerjakan.

Pemprov Sulsel melalui Dinas PUTR pada tahun ini telah mengalokasikan anggaran senilai Rp18,2 miliar untuk penanganannya. “Ini salah satu prioritas kami, karena kondisi rusak parah," kata Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman, Senin (13/6/2022).

Penanganan tahun ini, termasuk untuk jalan yang sempit dan tanjakan yang ekstrem. Rencananya pengerjaan jalan ini akan dilakukan perbaikan trase jalan yang sempit dan menanjak, karena membahayakan pengendara yang melintas.

"Tahun ini penanganan difokuskan untuk menuntaskan jalan yang rusak parah sekitar 2,3 km,” jelas Gubernur.

Pemprov Sulsel juga mengalokasikan dana untuk pembangunan jembatan Sungai Kabere pada ruas Paleteang-Malaga-Kabere di Enrekang. Dengan alokasi senilai Rp4,4 miliar.

Sementara Kepala Dinas PUTR Sulsel Astina Abbas mengatakan untuk peningkatan/rekonstruksi jalan ruas Paleteang-Malaga-Kabere di Enrekang telah selesai tender serta segera memasuki tahapan pelaksanaan konstruksi fisik.

“Untuk ruas jalannya, sudah tender, segera dilakukan proses penanganan fisik. Sementara, untuk jembatannya masih tahap lelang,” katanya.

Jalan ini, kata dia, juga merupakan jalur alternatif yang digunakan masyarakat yang akan menuju ke kabupaten Enrekang dan Toraja dengan jarak tempuh lebih singkat sekitar 30 km, jika dibandingkan dengan jalan nasional.

Rekomendasi