PPDB SMP Negeri Kota Tangerang Dibuka Hari Ini, Tampung 10.800 Siswa

| 27 Jun 2022 16:12
PPDB SMP Negeri Kota Tangerang Dibuka Hari Ini, Tampung 10.800 Siswa
Kepala Dinas Pendidikan Kota Tangerang, Jamaluddin saat meninjau pelaksanaan PPDB online (M. Iqbal/ ERA)

ERA.id - Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jenjang SMP Negeri Kota Tangerang mulai dibuka hari ini, Senin (27/6/2022) menggunakan sistem online dengan daya tampung siswa baru Tahun Ajaran 2022/2023 mencapai 10.800 siswa.

Ada empat jalur pendaftaran yang disediakan, yakni afirmasi, zonasi, perpindahan orang tua/wali, dan jalur prestasi sesuai dengan Permendikbud Nomor 1 Tahun 2021.

Berikut daya tampung dari masing-masing jalur PPDB jenjang SMPN di Kota Tangerang:

• Jalur zonasi: minimal 50 persen

• Jalur afirmasi:

a. Minimal 15 persen

b. Khusus SMP yang ditunjuk untuk menerima calon peserta didik baru berkebutuhan khusus (anak berkebutuhan khusus/ABK), jalur afirmasi berdaya tampung 12,5 persen dan ABK sebanyak 2,5 persen

• Jalur perpindahan orangtua/wali: maksimal 5 persen

• Jalur prestasi:

a. Kuota hasil perlombaan dan/atau penghargaan bidang akademik/non-akademik sebanyak 5 persen

b. Kuota prestasi domisili dalam kota berdasarkan akademik nilai rata-rata rapor sebanyak 20 persen

c. Kuota prestasi domisili luar kota berdasarkan akademik nilai rata-rata rapor sebanyak 5 persen

"Kami harapkan nantinya orang tua bisa menentukan sekolah sesuai dengan zonasinya dan tidak memaksakan memilih sekolah di wilayah lain," kata Kepala Dinas Pendidikan Kota Tangerang Banten Jamaluddin dikutip dari Antara, Senin, 27 Juni 2022.

Jamaluddin mengatakan orang tua yang anaknya tidak diterima di sekolah negeri bisa mendaftar ke sekolah swasta. Pasalnya, kualitas di sekolah swasta juga sama.

Dia menyebut warga kurang mampu yang tidak diterima di sekolah negeri dan masuk sekolah swasta akan diberikan Bantuan Operasional Pendidikan (BOP) sebesar Rp1 juta.

"Ada juga bantuan Tangerang Cerdas sebesar Rp100 ribu per bulan per-siswa. Jadi, Pemerintah Kota Tangerang sudah mengakomodir untuk semuanya," kata dia.

Informasi lengkap tentang PPDB bagi jenjang SMP Negeri di Kota Tangerang dapat mengunjungi laman ppdbmandiri.tangerangkota.go.id atau dapat mengunduh aplikasi PPDB Online Kota Tangerang melalui App Store maupun Play Store.

Rekomendasi